Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok) Ilustrasi ujian CPNS (JIBI/Solopos/Dok)
Selasa, 1 Agustus 2017 14:45 WIB JIBI/Solopos.com/Newswire Peristiwa Share :

Pemerintah Juga Buka Lowongan CPNS Kemenkeu?

Kemenkeu tengah menunggu restu KemenPAN-RB untuk mengadakan seleksi CPNS.

Solopos.com, JAKARTA – Hari ini, Selasa (1/8/2017), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) membuka pendaftaran seleksi  calon pegawai negeri sipil (CPNS). Ada sekitar, sekira 19.210 formasi yang tersedia untuk lingkungan Mahkamah Agung (MA) dan Kementerian Hukum dan HAM. Kabarnya, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) juga bakal membuka lowongan CPNS. Benarkah?

Dikutip Solopos.com dari Okezone, Selasa (1/8/2017), Kemenkeu tengah menunggu restu dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) untuk kuota rekrutmen CPNS. Surat resmi dari Kementerian Keuangan pun telah dilayangkan kepada Kementerian PAN-RB.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Keuangan Hadiyanto mengungkapkan kurang lebih ada 7.000 kuota CPNS disediakan untuk pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan.

“Secara formal kita masih menunggu surat resmi dari Menpan, begitu dapat kita langsung umumkan. Sooner the better,” ujarnya di Kompleks DPR MPR, Jakarta, Jumat 21 Juli 2017 malam.

Menurut Hadiyanto, kebutuhan pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan mengalami kenaikan. Sejalan dengan program pemerintah untuk meningkatkan angka penerimaan pajak, penerimaan perpajakan di Bea Cukai, Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), dan pelaporan pajak.

“Kita yakini biasanya usulan formasi sesuai kebutuhan. Kebutuhan sebesar itu,” tuturnya.

Pada lowongan CPNS kali ini, lanjut Hadiyanto, tidak hanya dikhususkan untuk lulusan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Porsinya, kurang lebih 4.000 kursi untuk lulusan STAN, sedangkan sisanya sekira 2.800 untuk jalur umum.

“Ada penerimaan orang dari luar itu supaya mix, expertise, mixperbedaan background tidak semuanya dari STAN, makanya kita ajukan dari luar STAN supaya ada interaksi dari latar pendidikan, kemampuan,” tambah dia.

Sekadar informasi, sebelumnya Kementerian Hukum dan HAM serta Mahkamah Agung (MA) juga telah mengumumkan lowongan untuk CPNS sebanyak 19.210 kursi.

PT TUGU BETON SEMESTA ABADI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Subsidi Ruang Publik bagi PKL

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (28/7/2017). Esai ini karya Murtanti J.R., dosen di Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah mjanirahayu@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Pada pertengahan Juli lalu Pemerintah Kota Solo…