Menu Ayam Ingkung saat diperlombakan dalam acara Festival Kuliner Desa/Kampung Wisata se-DIY di Kalakijo, Desa Guwosari, Kecamatan Pajangan, Kamis (24/11) pagi. (Harian Jogja/Arief Junianto)
Selasa, 1 Agustus 2017 14:32 WIB Bhekti Suryani/JIBI/Harian Jogja Bantul Share :

KULINER BANTUL
Dusun Kalakijo Jadi Kampung Ingkung

Dusun Kalakijo, Guwosari, Pajangan, Bantul dicanangkan sebagai kampung kuliner ingkung

Solopos.com, BANTUL– Dusun Kalakijo, Guwosari, Pajangan, Bantul dicanangkan sebagai kampung kuliner ingkung. Pencanangan kampung ingkung dilakukan bersamaan gelaran Festival Gejog Lesung DIY.

Pencangan kampung ingkung Kalakijo dilaksanakan Minggu (30/7/2017) lalu di dusun setempat. Dalam festival Gejog Lesung Keistimewaan II 2017 tersebut digelar sejumlah seremoni terkait pencangan kampung ingkung. Panitia festival menggelar Kirab Ingkung dengan dikawal Bregodo Ponco Driyo.

Anggota DPRD DIY KPH Purbodiningrat mengatakan kuliner ingkung tak sekadar masakan yang kini tengah jadi tren wisata kuliner namun ada filosofi di baliknya.

“Ingkung tidak hanya masakan biasa tapi juga mempunyai filosofi membersihkan [selamatan] yang punya hajat. Semoga di tahun berikutnya kegiatan ini dapat terus berlangsung dan Gejog Lesung selanjutnya akan diadakan di daerah lain,” kata Purbodiningrat, Minggu.

Sementara itu Gejog Lesung merupakan warisan budaya yang harus dijaga eksistensinya. Budaya tradisional itu kini semakin terpinggirkan oleh kemajuan zaman. Gejog Lesung tergantikan oleh alat alat modern dalam proses menumbuk padi.

lowongan pekerjaan
BPR SAMI MAKMUR, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Musik Pop dan Nikah Muda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (21/10/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pengelola Buletin Bukulah! Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Saat isu komunisme (lagi-lagi) diangkat ke publik sekian waktu lalu,…