Ilustrasi ibadah haji (JIBI/Solopos/Dok.) Ilustrasi ibadah haji (JIBI/Solopos/Dok)
Selasa, 1 Agustus 2017 11:05 WIB JIBI/Solopos/Antara Madiun Share :

HAJI 2017
Sakit, 4 Calhaj Tulungagung Tertunda Berangkat ke Tanah Suci

Haji 2017, para calhaj diberangkatkan ke Tanah Suci sesuai kloter masing-masing.

Solopos.com, TULUNGAGUNG — Empat calon jemaah haji (calhaj) asal Kabupaten Tulungagung gagal berangkat ke Tanah Suci bersama kelompok terbang tempat mereka terdaftar, karena menderita sakit kronis.

“Keempat calon haji itu sampai saat ini tertahan di Rumah Sakit Umum Haji Sukolilo Surabaya karena kondisi kesehatan yang menurun,” kata Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Safa` Antoni di Tulungagung, Senin (31/7/2017).

Namun demikian, menurut Safa` Antony, keempat calhaj itu belum otomatis gagal berangkat haji saat ini. Jika kondisi kesehatan membaik, mereka bisa disusulkan ke Tanah Suci dengan menumpang pesawat kloter selanjutnya yang masih tersisa.

Sebaliknya jika keempat atau sebagian calhaj dinyatakan belum laik terbang hingga kloter terakhir, keberangkatan haji mereka ditunda terlebih dahulu, dan akan diberangkatkan pada tahun depan.

Ia menjelaskan, empat jamaah asal Tulungagung ini sebelumnya pada tahap pemeriksaan kesehatan yang dilakukan di daerah telah dinyatakan sehat. Namun sesampai di Asrama Haji Sukolilo kembali diperiksa kesehatannya untuk mengetahui kondisi terakhir sebelum terbang.

“Untuk menjaga kondisi psikis dari yang bersangkutan, data tidak kami sampaikan. Tapi memang saat ini ada empat jamaah yang dirawat di RSU Haji,” kata dia.

Terkait visa, Safa` Antony mengatakan untuk calhaj asal Tulungagung tidak ada keterlambatan ataupun kendala. Dia menuturkan di saat calhaj berangkat, visa sudah siap.

Tahun ini, jemaah haji asal Tulungagung yang diberangkatkan sebanyak 1.099 orang. Rombongan calhaj Tulungagung terbagi atas tiga kloter, yaitu kloter 7,8, dan 9. Pemberangkatan kloter 9, terakhir dilaksanakan pada Sabtu (29/7/2017) sekitar pukul 24.00 WIB. Dan mendapatkan jadwal take off menuju Madinah pada Senin (31/7/2017) sekitar pukul 01.35 WIB.

ADMINISTRASI PERKANTORAN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Subsidi Ruang Publik bagi PKL

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (28/7/2017). Esai ini karya Murtanti J.R., dosen di Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah mjanirahayu@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Pada pertengahan Juli lalu Pemerintah Kota Solo…