Petugas mengangkut koper calon haji asal Ponorogo di kantor Kemenag setempat, Selasa (1/8/2017). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com) Petugas mengangkut koper calon haji asal Ponorogo di kantor Kemenag setempat, Selasa (1/8/2017). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)
Selasa, 1 Agustus 2017 17:05 WIB Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com Madiun Share :

HAJI 2017
1 Orang Meninggal Dunia, 543 Calhaj Ponorogo Berangkat Besok

Haji 2017, sebanyak 543 calhaj Ponorogo diberangkatkan Rabu.

Solopos.com, PONOROGO — Satu calon haji asal Ponorogo meninggal dunia sebelum berangkat ke Tanah Suci. Sehingga, saat ini jumlah calon haji asal Kota Reog yang diberangkatkan tahun 2017 sebanyak 543 orang.

Plt Kasi Penyelenggara Ibadah Haji dan Umrah Kemenag Ponorogo, Maftuh Bahrul Ilmi, mengatakan satu calon haji meninggal dunia itu bernama Lasmini. Lasmini yang merupakan warga Kecamatan Ponorogo meninggal dunia sepekan lalu lantaran sakit.

Maftuh menuturkan awalnya jumlah calon haji yang akan berangkat yaitu sebanyak 544 orang.

“Karena ini meninggal dunia satu, sehingga yang diberangkatkan 543 orang. Jumlah tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun lalu yang hanya 360 orang,” kata dia saat ditemui Madiunpos.com di ruang kerjanya, Selasa (1/8/2017).

Sebanyak 543 calon haji asal Ponorogo itu dibagi menjadi dua kloter yaitu kloter 23 berangkat pada Rabu (2/8/2017) pukul 13.00 WIB dan berkumpul di Alun-alun Ponorogo.

Dijadwalkan calhaj di kloter 23 tiba di Asrama Haji Surabaya pukul 21.00 WIB dan berangkat ke Tanah Suci pada Kamis pukul 3 dini hari. Sedangkan untuk kloter 24, berangkat pada hari Kamis pukul 10.00 WIB dan diperkirakan tiba di Asrama Haji Surabaya pada pukul 18.00 WIB. Sampai ke Tanah Suci dijadwalkan hari Jumat (4/8/2017) pukul 4 dini hari.

Maftuh menyampaikan dari 543 calhaj yang akan diberangkatkan, hampir 60% calhaj merupakan orang lanjut usia (lansia). Dinas Kesehatan Ponorogo telah mengantisipasi kesehatan calhaj lansia yang memiliki riwayat penyakit.

Untuk calhaj berusia 60 tahun ke atas dengan penyakit diberi gelang merah. Sedangkan calhaj berusia 60 tahun ke bawah dengan penyakit akan diberi gelang kuning.

“Untuk calhaj yang mengenakan kursi roda juga ada sekitar empat orang. Itu juga mendapatkan perhatian khusus dari petugas,” jelas dia.

Mengenai persiapan pemberangkatan calon haji Ponorogo, kata Maftuh, saat ini petugas mengumpulkan koper jemaah dan Rabu pagi sudah dibawa ke embarkasi Surabaya. Koper jemaah ini harus sampai di Surabaya empat jam sebelum jemaah tiba di Asrama Haji.

“Untuk visa seluruh calhaj Ponorogo sudah diurus pihak embarkasi. Sejauh ini belum ada informasi mengenai visa ini,” jelas dia.

lowongan pekerjaan
sales, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

Sibuk Main Ponsel, Perempuan Ini Jatuh dari Jembatan Penyeberangan

Sebuah kisah tragis menimpa perempuan Tiongkok yang terlalu sibuk bermain ponsel saat berada di jembatan penyeberangan. Solopos.com, SUZHOU – Penggunaan ponsel yang berlebihan bisa berbahaya. Hal ini terbukti pada perempuan asal Kota Anhui, Shuzou, Tiongkok. Perempuan yang tak diungkap identitasnya…