Teknologi
Selasa, 1 Agustus 2017 - 13:10 WIB

Asisten Virtual Microsoft Cortana Versi Android Kini Lebih Cerdas

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Microsoft Cortana (Pctechmag.com)

Pembaruan Cortana di Android menghadirkan beberapa perubahan visual yang nyata dan penting.

Solopos.com, SOLO – Kecerdasan buatan (AI, artificial intelligence) Microsoft Cortana di platform Android telah meningkat signifikan. Perangkat lunak yang dikembangkan Redmond ini menghadrikan berbagai fitur cerdas untuk mendukung teknologi masa depan.

Advertisement

Dilansir Phone Arena, Selasa (1/8/2017), Cortana 2.9.0 tampak seperti peningkatan besar dibandingkan versi aplikasi sebelumnya.

Pembaruan Cortana di Android menghadirkan beberapa perubahan visual yang nyata dan juga penting di bawah perbaikan yang dimaksudkan untuk meningkatkan pengalaman pengguna dengan asisten digital pribadi.

Pertama, pengguna Cortana akan melihat halaman pengaturan telah didesain ulang untuk memudahkan pengelolaan asisten. Perubahan yang paling terlihat di sini adalah hamburger baru yang menggantikan bilah navigasi bagian bawah.

Advertisement

Di antara fitur baru yang diimplementasikan, para pengembang menyebutkan pilihan untuk melakukan panggilan dan teks tanpa tangan. Pengguna sekarang akan memiliki kendali langsung terhadap pengingat mereka.

Sebelum kabar soal pembaruan tersebut, asisten digital besutan Microsoft ini juga dikabarkan bakal melepas fitur baru yang membuatnya mirip dengan Google Assistant. Windows Central menyebut bahwa Microsoft berencana membawakan antarmuka percakapan ke Cortana. Artinya, selain suara asisten digital itu juga akan menerima perintah melalui teks.

Melalui fitur tersebut, pengguna masih bisa mengajukan beberapa pertanyaan seperti cuaca, ketersediaan jadwal penerbangan, memesan meja di restoran, dan lain-lain.

Advertisement

Sebelum Cortana, Siri juga diketahui memiliki fitur serupa di IOS 11 melalui program beta. Sementara Google merilis fitur tersebut selepas gelaran Google I/O pada Mei 2017 dan telah tersedia di Google Assistant.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif