Foto ilustrasi: Selain faktor biaya, faktor jarak juga jadi pertimbangan menentukan tempat bersalin. (kidspot.com) Ilustrasi hamil (kidspot.com)
Senin, 31 Juli 2017 03:00 WIB JIBI/Solopos Women Share :

TIPS KEHAMILAN
Bumil, Perhatikan Tips Memilih Tempat Persalinan

Tips kehamilan kali ini membahas tips memilih tempat persalinan bagi ibu hamil.

Solopos.com, SOLO — Ketika hendak menentukan tempat persalinan, tidak sedikit ibu hamil (bumil) dihadapkan kepada banyak pilihan. Apakah hendak melahirkan di klinik bersalin terdekat dengan rumah, bidan, atau di rumah sakit tempat dokter kandungan berpraktik.

Sekretaris Program Studi Kebidanan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) PKU Muhammadiyah Solo, Nevia Zulfatunnisa, kepada Solopos.com, belum lama ini, mengungkapkan tempat persalinan yang dipilih harus disesuaikan dengan kebutuhan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan menentukan tempat persalinan. Jarak antara rumah dan tempat pelayanan kesehatan. Jika jarak terlalu jauh, bisa mengganggu proses persalinan jika kebetulan prosesnya harus cepat.

Faktor kehamilan, apakah termasuk kehamilan yang bermasalah atau tidak. Jika termasuk kehamilan bermasalah misalnya ada riwayat terkena tekanan darah tinggi, diabetes militus, kelahiran kembar, posisi bayi sungsang dan sebab lainnya, persalinan harus dilakukan di rumah sakit yang memiliki peralatan memadai. Persalinan di bidan hanya boleh dilakukan pada kehamilan yang kemungkinan besar bisa lahir normal.

Memilih siapa orang yang akan menolong saat persalinan, apakah seorang bidan, dokter spesialis kandungan atau keduanya. Kalau memilih hanya ditolong bidan, persalinan cukup dilakukan di rumah bidan atau rumah bersalin. Jika menghendaki ditolong bidan dan dokter spesialis kandungan, bisa melahirkan di rumah sakit.

Memilih menggunakan fasilitas asuransi kesehatan atau tidak. Jika menggunakan asuransi, berarti harus memilih tempat pelayanan kesehatan yang melayani asuransi kesehatan yang dimiliki.

Faktor ekonomi juga harus pertimbangkan. Jika dana yang tersedia tidak terlalu banyak dan dimungkinkan bisa melahirkan secara normal, bisa memilih melahirkan di bidan atau rumah bersalin.

Jika tidak bermasalah dengan faktor ekonomi, biasanya pilihannya ke rumah sakit sehingga langsung ditangani dokter spesialis kandungan.

Mempertimbangkan fasilitas yang ingin diperoleh. Terkadang fasilitas yang ditawarkan rumah sakit lebih lengkap dari rumah bersalin. Namun saat ini, sudah banyak juga klinik bersalin yang menawarkan fasilitas tak kalah lengkap dengan rumah sakit. Pertimbangkan juga siapa dari keluarga yang akan mendampingi ketika proses persalinan.

Terkait kapan waktu yang tepat bagi seorang ibu hamil untuk mendatangi tempat persalinan, kata Nevia, yakni ketika sudah mengalami tanda-tanda persalinan. Misalnya mengalami kontraksi secara teratur, pendarahan atau bahkan pecah ketuban.

“Biasanya hal itu terjadi tidak lama dari hari perkiraan lahir yang ditentukan sebelumnya, kecuali pada kondisi khusus,” ungkapnya.

lowongan pekerjaan
PT. Jaya Sempurna Sakti, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Daya Beli Menurun

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (17/10/2017). Esai ini karya Ginanjar Rahmawan, mahasiswa Program Doktor Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah Rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini beberapa kawan saya yang…