Sejumlah siswa Pondok Pesantren Modern Islam (PPMI) Assalaam, Kartasura, Sukoharjo, mengadakan pentas seni di lapangan PPMI Assalaam, Minggu (30/7/2017) malam. (Iskandar/JIBI/Solopos) Sejumlah siswa Pondok Pesantren Modern Islam (PPMI) Assalaam, Kartasura, Sukoharjo, mengadakan pentas seni di lapangan PPMI Assalaam, Minggu (30/7/2017) malam. (Iskandar/JIBI/Solopos)
Senin, 31 Juli 2017 10:15 WIB Iskandar/JIBI/Solopos Peristiwa Share :

Santri PPMI Assalaam Pabelan Sukoharjo Suguhkan Pentas Seni

Ponpes Assalaam mengadakan pentas seni.

Solopos.com, SUKOHARJO — Pondok Pesantren Modern Islam (PPMI) Assalaam, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo menggelar pentas seni (pensi) santri spektakuler di lapangan PPMI Assalaam, Minggu (30/7/2017) malam. Pensi itu mengusung tajuk Maha Karsa Santri Assalaam.

“Ini acara akhir tahun yang dikemas dalam bentuk pentas, menampilkan kreasi-kreasi santri. Semua proses manajemen, stage dan acara yang ditampilkan ditangani langsung para santri,” ujar Kepala Humas PPMI Assalaam, Pabelan, Qomaruddin, ketika ditemui di sela-sela acara, Minggu malam.

Menurut dia, acara yang ditampilkan di antaranya marawis, tari Saman, tari-tarian dari berbagai daerah di Indonesia dan beberapa karya santri di bidang seni lainnya. Dia menjelaskan acara ini merupakan salah satu tradisi di Assalaam.

Setiap kelas XII para siswa mempunyai acara besar yaitu acara akhir tahun yang dilakukan di awal. Acara khusus kelas XII atau kelas akhir ini dilakukan setiap siswa naik ke kelas XII.

Dia menambahkan tujuan kegiatan ini sebagai ajang unjuk kebolehan kreasi mereka sebagai bagian dari proses pendidikan yang didapat di Assalaam. Selai itu, papar dia, juga sebagai media untuk melatih mereka dalam hal memanaj sebuah pertunjukan.

“Sebenarnya kegiatan ini sudah sering dilakukan tapi skalanya kecil-kecil. Kemudian ketika mereka sudah kelas XII mereka mengadakannya dalam skala besar,” ungkap Qomaruddin.

Di bagian lain dia menambahkan pada pergelran itu juga diadakan penggalangan dana untuk rakyat Palestina. Dia menjelaskan penggalangan dana untuk Palestina juga dilakukan saat pensi para santri putri Assalaam yang digelar Sabtu (29/7/2017).

Sementara itu salah seorang santri yang terlibat mengisi acara seni, Raya mengaku senang bisa tampil di panggung. “Tadi kami dari MTs menampilkan acara marawis. Tentu kami senang bisa ikut tampil di acara ini,” kata dia.

lowongan pekerjaan
PT. INDUKTURINDO UTAMA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
”Akad” Populer karena Berbeda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (14/10/2017). Esai ini karya Romensy Augustino, mahasiswa Jurusan Etnomusikologi Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah romensyetno@yahoo.com. Solopos.com, SOLO – -Youtube adalah salah satu media sosial yang menjadi rujukan…