Jogja
Senin, 31 Juli 2017 - 09:20 WIB

Petani Keluhkan Turunnya Harga Cabai

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Anggota Komisi VI, DPR RI, Roy Suryo [kanan] memetik cabai saat melakukan kunjungan masa reses ke petani cabai di Dusun Tanjung I, Desa Bleberan, Kecamatan Playen. Minggu (30/7/2017). (JIBI/Irwan A. Syambudi)

Harga cabai sudah mengalami penurunan drastis

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Setelah mengalami kenaikan harga yang signifikan beberapa bulan lalu, kini harga cabai sudah mengalami penurunan drastis. Sejumlah petani pun kini mengeluh lantaran merugi seiring dengan turunnya harga cabai di pasaran.

Advertisement

Ketua Kelompok Wanita Tani, Sido Agung, Dusun Tanjung I, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Darmini mengatakan kelompoknya memiliki luas tanah 1.800 meter persegi yang ditanami cabai rawit dan keriting. Saat ini ribuan tanaman cabai sudah siap dipanen, namun dirinya mengeluh lantaran harga cabai anjlok. “Saat ini sudah memasuki masa panen, tapi malah harganya sudah anjlok,” katanya, Minggu (30/7/2017).

Sebelumnya harga cabai rawit merah dapat mencapi Rp50.000 per kilogram, namun saat ini harganya menurun 50% menjadi Rp25.000 per kilogram. Sementara itu cabai rawit campur dan cabai kriting merah harganya Rp12.000 per kilogram. Sedangkan untuk cabai hijau lebih murah lagi yakni Rp8.000 per kilogram.

Dengan harga cabai saat ini, dinilai sangat memberatkan bagi para petani. Pasalnya harga jual cabai tidak dapat menutup biaya tanam dan mengolah lahan.  “Termasuk merugi karena untuk membeli obat dan pupuk cukup mahal,” katanya.

Advertisement

Selain harga murah, untuk memasarkan cabai pun sangat sulit, karena tidak hanya kelompok taninya saja yang panen. Sejumlah kelompok tani lainnya juga banyak yang memanen cabai, hal itu membuat stok cabai di pasar banyak, hingga membuat sebagian pedagang tidak lagi mau membeli cabai dari petani.

Sementara Anggota Komisi VI, DPR RI, Roy Suryo saat melakukan kunjungan masa reses ke petani cabai di Dusun Tanjung I, mengatakan permasalahan turunnya harga cabai memang terjadi dalam skala nasional. Hal itu diketahuinya saat melakukan rapat kerja dengan Menteri Perdagangan belum lama ini.

Menurut dia, permasalahan yang ada karena beberapa waktu lalu beberapa komoditas mahal kemudian dibuka kran import. Sehingga harga sejumlah komuditas, termasuk cabai harganya menurun drastis.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif