Foto kenangan mantan wali kota Salatiga John Manoppo (Alm.) dan istrinya, Rosa Darwanti. (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo) Foto kenangan mantan wali kota Salatiga John Manoppo (Alm.) dan istrinya, Rosa Darwanti. (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)
Senin, 31 Juli 2017 18:50 WIB Imam Yuda S./JIBI/Semarangpos.com Semarang Share :

KABAR DUKA
Dokter Ungkap John Manoppo Banyak Pikiran

Kabar duka kali ini datang dari mantan Wali Kota Salatiga, John Manuel Manoppo.

Solopos.com, SEMARANG — Mantan Wali Kota Salatiga, John Manuel Manoppo, mengembuskan napas terakhirnya di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas IA, Kedungpane, Semarang, Senin (31/7/2017). Dokter penjara pun angkat bicara soal kematian pasiennya tersebut.

Pria yang menjabat sebagai wali kota Salatiga masa bakti 2007-2017 itu meninggal saat masih menjalani masa hukuman untuk kasus korupsi proyek pembangunan jalan lingkar selatan (JLS) Kota Salatiga. John ditemukan sudah tak bernyawa oleh salah seorang penjaga LP sekitar pukul 07.00 WIB.

Dugaan sementara, John meninggal dunia akibat penyakit diabetes mellitus yang sudah lama dideritanya. Dokter LP Kelas 1A Semarang atau yang akrab disebut LP Kedungpane, Joyce Jolanda Maya, membenarkan jika John memiliki riwayat sakit diabetes mellitus.

John, menurut Jolanda, bahkan kerap melakukan pemeriksaan kesehatan di Poliklinik LP Kedungpane. “Terakhir diperiksa, kadar gula Pak John sudah baik. Beda saat kali pertama diperiksa di sini,” ujar Jolanda saat dijumpai wartawan di LP Kedungpane, Senin.

Jolanda menyebutkan terakhir John melakukan cek kesehatan, Minggu (30/7/2017). Saat itu, kadar gula koruptor yang mantan wali kota Salatiga itu tercatat sekitar 180.

Menurut Jolanda, kadar gula John itu jauh lebih baik dibandingkan kali pertama masuk ke LP Kedungpane pada 2013 lalu. Kala itu, pada pemeriksaan pertama, kadar gula John mencapai 380.

“Kalau informasi yang kami terima dari rekan-rekannya satu tahanan, dia kebanyakan pikiran. Tapi, kenapanya enggak tahu,” terang Jolanda.

Jolanda menambahkan, meski kondisi kesehatannya cenderung membaik John tergolong pasien yang bandel. Pria yang juga pernah menjabat sebagai anggota DPRD Kota Salatiga dari Partai Golkar itu tergolong malas jika disuruh untuk memeriksakan kesehatannya.

“Pak John itu sudah mengidap diabetes mellitus sebelum masuk LP Kedungpane. Selama di sini, ia juga sudah kami imbau untuk menghindari makanan yang mengandung banyak karbohidrat dan gula,” imbuhnya.

Begitu ditemukan meninggal, jenazah John langsung dibawa ke RSUP Dr. Kariadi untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Keponakan John bersama temannya yang datang ke LP Kedungpane langsung menyusul ke RSUP Dr. Kariadi untuk menjemput jenazah mantan Wali Kota Salatiga itu.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

CV.TIGA SELARAS BERSAMA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Masa Depan Keroncong

Gagasan ini dimuat Solopos edisi Kamis (27/7/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, peserta Program Doktor di Institut Seni Indonesia (ISI) Solo yang sedang menyusun disertasi tentang estetika keroncong karya Gesang. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Festival musik…