Asrama Haji Donohudan Asrama Haji Donohudan, Ngemplak, Boyolali (JIBI/Solopos/Dok)
Senin, 31 Juli 2017 12:00 WIB Muhammad Ismail/JIBI/Solopos Peristiwa Share :

HAJI 2017
Sakit Jantung, Calhaj Asal Kebumen Meninggal di Asrama Haji Donohudan

Haji 2017, 1 calhaj meninggal karena sakit.

Solopos.com, BOYOLALI — Nasroh Marwin Majupyan, 66, calon haji (calhaj) kelompok terbang (kloter) 11 asal Kebumen meninggal dunia di Asrama Haji Donohudan (AHD), Ngemplak, Boyolali, Minggu (30/7/2017). Jenazah calhaj tersebut langsung dipulangkan ke kampung halaman di Desa Bandung, Kebumen, Jateng.

Kasubag Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo, Badrus Salam, mengatakan Nasroh calhaj asal Kebumen meninggal pada Minggu pukul 22.30 WIB di poliklinik AHD Donohudan karena sakit jantung. Kloter 11 masuk di Donohudan Minggu pukul 12.00 WIB menempati Gedung Mekah.

“Jumlah keseluruhan calhaj kloter 11 sebanyak 360 orang terdiri dari 355 orang calhaj dan lima orang adalah petugas tim dokter. Kami mengucapkan bela sungkawa atas meninggalnya calhaj asal Kebumen,” ujar Badrus kepada solopos.com di Donohudan, Senin (31/7/2017).

Menurut Badrus, saat tiba di AHD, calhaj yang meninggal dunia tidak mengeluhkan sakit. Namun, pada pukul 21.45 WIB mengeluhkan sesak napas sehingga harus dilarikan ke poliklinik untuk dilakukan perawatan.

“Kami meminta tim dokter di poliklinik memberikan pertolongan pertama tetapi tidak terselamatkan. Dia [Nasroh] meninggal dunia pukul 22.30 WIB,” kata dia.

Ia menjelaskan istri Nasroh yang juga calhaj asal Kebumen tetap berangkat haji Senin pukul 12.00 WIB, meskipun suaminya meninggal dunia. Tim dokter dari Kebumen bersama tim medis poliklinik AHD menyewa mobil jenazah dari Solopeduli untuk memulangkan jasad calhaj ke Kebumen, Senin, pukul 00.15 WIB.

“Kami juga merawat dua calhaj asal Cilacap dan Banjarnegara di RSUD [Rumah Sakit Umum Daerah] dr Moewardi, Jebres,” kata dia.

Ketua PPIH Embarkasi Solo, Farhani, mengatakan Embarkasi Solo sampai Minggu telah memberangkatkan sebanyak 3.576 calhaj dari kloter 1-10. Senin siang pukul 12.00 yang masuk ke AHD calhaj asal Purworejo, Wonosobo, dan Semarang.

KSP ARTHA MULIA CABANG KARTASURA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Masa Depan Keroncong

Gagasan ini dimuat Solopos edisi Kamis (27/7/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, peserta Program Doktor di Institut Seni Indonesia (ISI) Solo yang sedang menyusun disertasi tentang estetika keroncong karya Gesang. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Festival musik…