Kimi Raikkonen dan Sebastian Vettel (JIBI/REUTERS/Laszlo Balogh) Kimi Raikkonen dan Sebastian Vettel (JIBI/REUTERS/Laszlo Balogh)
Senin, 31 Juli 2017 03:25 WIB Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos Balap Share :

FORMULA ONE 2017
GP Hungaria: Ferrari Ulangi Kesuksesan 13 Tahun Silam

Formula One 2017 menyajikan kesuksesan Ferrari di GP Hungaria

Solopos.com, BUDAPEST — Ferrari sepertinya sudah melupakan nasib sial di Grand Prix (GP)Hungaria, di Sirkuit Hungaroring. Terbukti dua jagoan tim berjuluk Kuda Jingkrak tersebut, Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen, melibas dua podium teratas, Minggu (30/7/2017).

Ferrari mengulang kesuksesan mereka pada 2004, yakni ketika dua pembalap mereka, Michael Schumacher dan Rubens Barrichello, berhasil menyapu bersih peringkat pertama dan kedua di GP Hungaria, 13 tahun silam. Vettel yang memulai balapan dari pole position akhirnya finis terdepan meski sempat diterpa masalah steering.

Vettel mengukir waktu tercepat 1 jam 39 menit 46,713 detik. Dia mendapat tekanan dari rekan setimnya, Raikkonen, yang menguntit di urutan kedua dengan hanya terpaut jarak 0,908 detik. Kemenangan ini sekaligus memperlebar jarak Vettel atas pesaing terdekatnya di klasemen sementara pembalap, Lewis Hamilton, yang finis di peringkat keempat pada GP Hungaria. Pembalap berdarah Jerman itu mengungguli Hamilton dengan 14 poin sebelum jeda musim panas.

“Saya terbang ke bulan. Ini benar-benar balapan yang sulit. Saya benar-benar sibuk sejak tiga hingga empat lap setelah safety car. Ada yang salah. Saya tidak tahu kenapa, namun steer mulai melebar ke samping. Akhirnya saya bisa memperbaikinya, namun saya benar-benar harus fokus di sepanjang balapan. Saya sampai tidak bisa bernapas,” jelas Vettel, seperti dilansir Telegraph.co.uk.

Menariknya, Hamilton menunjukkan sisinya yang lain sebagai pembalap yang peduli dengan rekan setim di GP Hungaria ini. Driver Inggris tersebut biasanya dicap egois. Hamilton sempat berharap rekan setimnya, Valtteri Bottas, membuka jalan agar dirinya bisa menekanb duo Ferrari pada lap ke-45. “Saya dalam posisi bagus sekarang, biarkan saya memanfaatkan ini. Saya tidak tahu mengapa duo Ferrari lambat,” ujarnya lewat radio, pada lap ke-45.

Namun, ia mampu berbesar hati dan akhirnya mengurungkan niatnya. ‘Jika saya tidak bisa mengejar Ferrari, saya akan biarkan Valtteri kembali mendahului saya. Atau perkenankan saya setidaknya bisa beriringan dengan Valtteri,” jelas Hamilton.

Dalam balapan di Hungaroring, insiden langsung terjadi di lap pertama. Pembalap Red Bull Racing, Daniel Ricciardo, terlibat tabrakan dengan rekan setimnya, Max Verstappen.

PT BPR RESTU KLATEN MAKMUR, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Masa Depan Keroncong

Gagasan ini dimuat Solopos edisi Kamis (27/7/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, peserta Program Doktor di Institut Seni Indonesia (ISI) Solo yang sedang menyusun disertasi tentang estetika keroncong karya Gesang. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Festival musik…