News
Senin, 31 Juli 2017 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 31 Juli

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Matthew Charles Sanders alias Matt Shadows. (Metalsucks.net)

Catatan peristiwa dunia hari ini, 31 Juli, dihimpun dari berbagai belahan dunia.

Semarangpos.com, SOLO – Terjadi berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang dari tahun ke tahun pada hari ke-212—hari ke-213 saat tahun kabisat—sesuai sistem Kalender Gregorian, 31 Juli. Dihimpun dari Theopeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Semarangpos.com menyajikan catatan peristiwa dunia hari ini, 31 Juli, demi mengenang beragam peristiwa itu.

Advertisement

1423
Pasukan Inggris mengalahkan pasukan Prancis dalam Pertempuran Cravant di dekat Cravant, Loire, Prancis. Pertempuran itu meletus setelah Prancis berupaya merebut wilayah kekuasaan Inggris di Loire.

1492
Pemerintah Monarki Katolik Spanyol mengeluarkan Dekret Alhambra yang memerintahkan pengusiran orang-orang Yahudi di Spanyol. Dekret tersebut baru dicabut pada 16 Desember 1968. Kini, ada sekitar 50.000 orang Yahudi yang tinggal di Spanyol.

Advertisement

1492
Pemerintah Monarki Katolik Spanyol mengeluarkan Dekret Alhambra yang memerintahkan pengusiran orang-orang Yahudi di Spanyol. Dekret tersebut baru dicabut pada 16 Desember 1968. Kini, ada sekitar 50.000 orang Yahudi yang tinggal di Spanyol.

1904
Pertempuran Hsimucheng yang melibatkan pasukan Jepang dan pasukan Rusia meletus di kawasan antara Liaoyang dan Pelabuhan Arthur, Manchuria, dekat Tiongkok. Pertempuran itu berhasil dimenangi Jepang dengan mundurnya pasukan Rusia dari Liaoyang.

1920
Dua juta liter wiski ilegal disita di New York dan Chicago, Amerika Serikat (AS). Hal tersebut adalah bagian dari serangkaian upaya AS dalam memberantas peredaran minuman keras ilegal.

Advertisement

1941
Berdasarkan instruksi pemimpin Jerman Adolf Hitler, perwira Nazi Hermann Goring memerintahkan Jenderal Reinhard Heydrich untuk melakukan segala persiapan pelaksanakan operasi yang dinamai Solusi Akhir Yahudi. Dari operasi tersebut, Jerman berniat memusnahkan semua orang Yahudi di Eropa.

J.K. Rowling. (Maniakat.com)

1965
Joanne Kathleen Rowling lahir di Yate, Gloucestershire Utara, Inggris. Ia lantas dikenal luas sebagai penulis yang telah menorehkan karya luar biasa, yakni novel seri Harry Potter.

Advertisement

1981
Matthew Charles Sanders lahir di Huntington Beach, California, Amerika Serikat (AS). Kini, ia dikenal sebagai vokalis di band metal besar asal California, Avenged Sevenfold, dengan nama panggung Matt Shadows.

Pemimpin Kuba Fidel Castro. (JIBI/Solopos/Reuters/Andres Stapff)

2006
Karena kondisi kesehatannya yang terus menurun, Fidel Castro menyerahkan kekuasaannya sebagai presiden Kuba kepada saudaranya yang juga wakilnya, Raul Castro. Meski demikian, Raul baru dilantik secara resmi sebagai presiden Kuba pada 2008.

Advertisement

Patroli yang dilaksanakan tentara Inggris di Irlandia Utara dalam Operasi Bendera, 1981. (Wikimedia.org)

2007
Operasi Bendera yang dilaksanakan pasukan Inggris di Irlandia Utara berakhir. Operasi yang dimulai sejak 1969 tersebut menjadi operasi militer terpanjang yang pernah dilaksanakan Inggris. Operasi itu bertujuan mengamankan wilayah Irlandia Utara yang akan dicaplok Republik Irlandia. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 30 Juli
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 29 Juli
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 28 Juli

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif