Ilustrasi pattern di smartphone (Youtube) Ilustrasi pattern di smartphone (Youtube)
Minggu, 30 Juli 2017 18:10 WIB Gadget Share :

Lupa Kata Sandi di Smartphone? Begini Cara Mengatasinya

Lupa sandi dapat diatasi dengan tiga cara.

Solopos.com, SOLO – Kata sandi atau password digunakan pengguna smartphone untuk mencegah orang lain membuka ponsel tanpa izin sang pemilik. Semakin rumit password, semakin sulit pula ponsel kita “dibobol” oleh orang lain.

Tetapi, manusia tak luput dari kesalahan. Sering kali terjadi pemilik ponsel lupa kata sandi atau pola keamanan yang dibuatnya. Jangan dahulu khawatir, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan jika lupa kata sandi.

Dikutip Solopos.com yang diolah oleh Okezone dari berbagai sumber, ada tiga hal yang patut Anda ketahui:

1. Buat Lock Screen Jadi Crash

Cara ini sebenarnya bisa membuka lock screen smartphone Anda terbuka. Dengan metode ini, Anda dapat memanfaatkan bug pada smartphone yang memiliki pengoperasian Android 5.0 hingga 5,1.1 Lollipop. Jangan lupa, kalau cara ini cuma bisa dipakai di smartphone yang menjalankan Android versi tersebut.

Caranya? Tekan opsi “Emergency Call” di lock screen smartphone Anda, kemudian gunakan antarmuka dialer untuk memasukkan tanda bintang hingga 10 kali, selanjutnya Anda dapat mengetuk dua kali untuk menyorot teks yang Anda masukkan dan pilih copy.

Enggak hanya sampai di situ, Anda harus mengulangi lagi lalu paste di tempat yang sama, sehingga tanda bintang menjadi dua kali lipat. Ulangi terus hingga batas karakter habis. Setelah itu, Anda dapat kembali ke layar kunci dan membuka shortcut kamera. Nah, kalau sudah sampai sini, tarik notifikasi dan tekan ikon Setting dan Anda akan diminta memasukkan password.

Pada kolom input Anda harus menekan yang lama dan pilih paste. Lalu ulangi proses ini beberapa kali, sehingga layar kunci akan mengalami crash dan memungkinkan pengguna mengakses seluruh antarmuka smartphone kembali.

2. Android Device Manager

Jika Anda pengguna Android, tak perlu khawatir karena platform tersebut memiliki layanan keamanan yang membuat pengguna dapat mengontrol smartphone-nya dari jarah yang cukup jauh, yaitu dengan Android Device Manager.

Saat Anda lupa password atau pola keamanan, Anda dapat memakai perangkat lunak ini. Cara untuk mengoperasikannya sangat mudah, Anda akan diberi tiga pilihan yakni Ring (Deringkan), Lock (Kunci Perangkat), dan Erase (hapus). Bagi Anda yang lupa dengan password, cukup polih opsi Lock, lakukan refresh jika Android Device Manager kesulitan menemukan perangkat Anda.

Selanjutnya, setelah Anda mengklik Lock, Anda akan diminta untuk memasukkan sandi baru yang akan menggantika pola keamanan, PIN, atau password lama.

Setelah itu, Anda hanya akan memasukkan password baru sebanyak dua kali untuk mengonfirmasi pilihan tersebut. Lalu, klik Lock dan tunggu selama 5 menit maka setelahnya ponsel sudah dapat dibuka dengan sandi baru.

3. Samsung Find My Mobile

Fitur yang terakhir ini bisa juga menjadi pilihan Anda yang lupa dengan kata sandi. Cara pengoperasiannya cukup buka link Find My Mobile dari browser, lalu login ke akun Samsung.

Sebagai pengingat, cara ini bisa digunakan jika sebelumnya Anda pernah melakukan registrasi ke akun Samsung. Setelah registrasi, klik tombol Lock My Screen pada panel sebelah kiri. Selanjutnya, masukkan PIN baru dan klik tombol Lock.

Sesudah melakukan hal itu, sandi pengunci layar dapat diubah ke PIN baru yang bisa dipakai untuk membuka ponsel cerdas Samsung yang telah terkunci.

lowongan pekerjaan
PT Sejati Cipta Mebel, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
”Akad” Populer karena Berbeda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (14/10/2017). Esai ini karya Romensy Augustino, mahasiswa Jurusan Etnomusikologi Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah romensyetno@yahoo.com. Solopos.com, SOLO – -Youtube adalah salah satu media sosial yang menjadi rujukan…