Soloraya
Minggu, 30 Juli 2017 - 14:35 WIB

KLATEN LURIK CARNIVAL 2017 : Cantiknya Lurik Dipadukan dengan Ragam Potensi Wilayah

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Penari berkostum lurik unjuk kebolehan dalam Klaten Lurik Carnival (KLC) 2017 di Jl. Pemuda, kawasan alun-alun Klaten, Sabtu (29/7/2017). (Cahyadi Kurniawan/JIBI/Solopos)

Sebanyak 36 kontingen mengikuti Klaten Lurik Carnival 2017 di Jl. Pemuda, Klaten.

Solopos.com, KLATEN — Riuh teriakan dan tepuk tangan penonton menyambut saat melihat gerakan rancak para lelaki penari kontingen Kecamatan Delanggu. Sementara suara bambu mengiringi gerakan para perempuan penari yang memegang seikat padi di tangan kiri.

Advertisement

Penari pria mengenakan kostum lurik warna hijau tua dipadu merah dan warna emas. Sedangkan penari perempuan mengenakan mahkota, baju lurik sogan dikombinasikan dengan selendang warna emas.

Suara bambu mengisyaratkan cara warga Delanggu mengusir burung-burung yang hinggap di hamparan sawah menguning di tanah yang dikenal sebagai lumbung pangan nasional. Hal berbeda disajikan penari-penari asal Kecamatan Juwiring.

Advertisement

Suara bambu mengisyaratkan cara warga Delanggu mengusir burung-burung yang hinggap di hamparan sawah menguning di tanah yang dikenal sebagai lumbung pangan nasional. Hal berbeda disajikan penari-penari asal Kecamatan Juwiring.

Dengan lincah, empat penari memainkan tari Luyung (lurik dan payung) dengan payung kertas warna merah produksi Juwiring. Sebagai kostumnya, mereka memilih lurik warna sogan untuk bawahan dipadu atasan warna bermotif etnik.

Hiasan dari bulu warna merah jambu menambah kemolekan penari-penari remaja siang itu. Juwiring memang dikenal sebagai penghasil payung kertas tradisional. Payung-payung serupa juga dipajang di sepanjang Jl. Pemuda.

Advertisement

Butuh sepekan untuk mempersiapkan ide, kostum, hingga koreografi. “Koreografi paling sulit sebab ini yang paling kentara saat dilihat orang,” ujar Rizal Sadarwati, 17, siswi kelas XII Administrasi Perkantoran, saat ditemui wartawan di sela-sela karnaval, Sabtu.

Ia tak menampik merasa grogi saat menari di hadapan Plt. Bupati dan jajaran Muspida kendati ini merupakan penampilan kali keduanya. Untuk koreografi, ia dan kawan-kawannya latihan empat hingga lima jam sepulang sekolah selama lima hari jelang karnaval.

“Latihan sendiri baru mulai Senin dan geladi bersih Jumat kemarin,” tutur perempuan penyuka tari itu.

Advertisement

Di Jl. Pemuda sepanjang dua kilometer yang menjadi catwalk itu para model dan penari berbalut kostum lurik warna-warni berjalan lenggak-lenggok. Beratapkan langit kelabu Kota Klaten, mereka menebar senyum kepada setiap penonton.

Sebuah panggung kehormatan berdiri di depan Gedung Sunan Pandanaran RSPD Klaten. Di hadapan Plt. Bupati Klaten dan Muspida, ke-36 kontingen menunjukkan kepiawaian mereka menari, mementaskan mini drama, parade busana, hingga bermusik dengan durasi empat menit setiap kelompok.

Pada karnaval lurik memperingati Hari Jadi ke-213 Klaten ini, lurik sengaja dipadupadankan dengan potensi wilayah. Di Cawas, seluruh kostum yang dipakai merupakan asli produksi pengrajin lurik Cawas dengan alat tenun bukan mesin (ATBM).

Advertisement

KLC diharapkan bisa mengangkat pamor lurik dan pengrajin untuk berdaya saing terhada produk lurik pabrikan. “Ini bagian tersulit. Bagaimana mempersiapkan kostum dan koreografi yang bisa menunjukkan lurik ATBM tak kalah dengan produk lurik hasil mesin pabrik. Kami butuh sebulan untuk mempersiapkannya,” tutur Camat Cawas, Much. Nasir.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif