Jogja
Minggu, 30 Juli 2017 - 03:22 WIB

KESENIAN TRADISIONAL SLEMAN : Nyaris Punah, Disbud Gelar Revitalisasi Drama Tari “Antup”

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi gamelan (Jambitourism.co.id)

Kesenian tradisional Sleman untuk merevitalisasi program

Harianjogja.com, SLEMAN – Jenis kesenian tradisional Drama Tari “Antup” saat ini dinilai menjadi salah satu jenis kesenian di Sleman yang langka dan hampir punah. Drama Tari Antup merupakan jenis kesenian tradisional yang keberadaannya hanya dimiliki oleh masyarakat Dusun Janturan Tirtoadi Mlati.

Advertisement

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan Aji Wulantara, kesenian Antup itu muncul dan berkembang pada 1935 silam. Untuk melestarikan dan mengangkat kembali drama tari tersebut, Disbud memasukkan kesenian itu dalam program merevitalisasi kesenian tradisional. “Kami berharap agar potensi tersebut tetap dilestarikan dan dikembangkan oleh masyarakat setempat,” katanya, Jumat (28/7/2017).

Aji menjelaskan, pihaknya melakukan revitalisasi dengan mementaskan kembali drama tari tersebut untuk bisa ditonton dan dinimati oleh warga masyarakat luas. Pentas ini diharapkan bisa sebagai bahan pembelajaran untuk dikembangkan kembali untuk menggairahkan kegiatan seni budaya di masyarakat. “Revitalisasi dilakukan dengan pengembangan dramatari. Ini akan menumbuhkan semangat kebersamaan dan rasa persatuan masyarakat,” harapnya.

Gerakan dalam dramatari Antup merupakan gerak impovisanya disesuaikan dengan masa kini sehingga gerak yang dihasilkan bersifat sederhana sesuai dengan cirri-ciri tarian rakyat. Iringan musik yang digunakan pada awalnya berupa bilahan bambu yang nadanya disesuaikan dengan gamelan slendro dengan lagu “Kecik-Kecik”. Kostum pemain dramatari Antup berbentuk sederhana dan tutup kepala atau irah-irahan/ jamang dengan menggunakan daun nangka.

Advertisement

Namun dalam perkembangannya pementasan drama tari Antup menggunakan iringan dengan perpaduan dengan gamelan dan kostumnya menyesuaikan. Pada awalnya pertunjukan dramatari Antup digunakan sebagai media pendidikan anak dalam bidang pertanian dan ceritanya berisikan cerita dalam kehidupan sehari-hari.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif