Pemain tim nasional Inggris merayakan gelar juara Piala Dunia FIFA 1966. (Skysports.com) Pemain tim nasional Inggris merayakan gelar juara Piala Dunia FIFA 1966. (Skysports.com)
Minggu, 30 Juli 2017 00:50 WIB Internasional Share :

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 30 Juli

Catatan peristiwa penting dan bersejarah yang terjadi dari tahun ke tahun pada 30 Juli tersaji dalam tulisan berikut.

Semarangpos.com SOLO – Terjadi berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang dari tahun ke tahun pada 30 Juli. Demi mengenang berbagai peristiwa itu, Semarangpos.com menyajikan catatan peristiwa dunia hari ini, 30 Juli, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

762
Pemimpin Kekhalifahan Abbasiyah, Abu Ja’far Abdallah bin Muhammad Al-Mansur, mendirikan Kota Bagdad. Kini, Bagdad menjadi ibu kota Irak.

1626
Gempa bumi berkekuatan besar mengguncang Napoli, Italia. Bencana alam tersebut diperkirakan menewaskan sekitar 70.000 orang.

1635
Pasukan Republik Belanda mulai mengepung wilayah Schenkenschanz—wilayah yang kini menjadi milik Jerman—demi merebutnya dari Spanyol. Pengepungan tersebut berlangsung hingga 30 April 1636 dan berakhir dengan kemenangan Republik Belanda.

Kaisar Meiji. (Newhistorian.com)

Kaisar Meiji. (Newhistorian.com)

1912
Kaisar Jepang, Mutsuhito atau yang lebih dikenal sebagai Kaisar Meiji, meninggal dunia karena penyakit Uremia yang ia derita. Pada masa kepemimpinannya, Jepang mengalami kemajuan pesat di berbagai sektor melalui Restorasi Meiji. Kaisar Meiji yang memimpin Jepang sejak 1867 lantas digantikan putranya, Yoshihito yang lantas dikenal sebagai Kaisar Taisho.

USS Indianapolis. (Cnn.com)

USS Indianapolis. (Cnn.com)

1945
Kapal penjelajah milik Amerika Serikat (AS), USS Indianapolis, tenggelam di perairan Okinawa setelah ditorpedo kapal selam milik Jepang. Peristiwa itu menewaskan 883 orang yang berada di USS Indianapolis.

1953
Federal Bureau of Investigation (FBI) atau Biro Investigasi Federal menangkap enam tokoh komunis di kota Philadelphia, Amerika Serikat (AS) atas tuduhan mengajarkan siswa sekolah tentang penggulingan pemerintahan yang sah. Setelah kasus tersebut dikembangakan, FBI menangkap 87 orang dengan tuduhan yang sama.

1956
Presiden Amerika Serikat (AS) Dwight D. Eisenhower menandatangani undang-undang yang mengesahkan moto negara AS, yakni In God We Trust atau Pada Tuhan Kami Percaya. Eisenhower juga mewajibakan moto itu disematkan di semua uang kertas AS.

1966
Untuk kali pertama, Inggris meraih gelar juara dalam ajang Piala Dunia FIFA. Inggris yang berlaga sebagai tuan rumah, meraih gelar juara setelah mengalahkan Jerman Barat dengan skor 4-2 di partai final.

1974
Turki dan Yunani menandatangani perjanjian damai demi mengakhiri konflik di Siprus. Perjanjian damai itu ditandatangani setelah sembilan hari invasi Turki di Siprus yang kala itu dikontrol Yunani.

2006
Angkatan Udara Israel menyerang bangunan berlantai tiga di dekat desa Qana, Lebanon. Serangan itu menewaskan sekitar 28 warga, 16 di antaranya adalah anak-anak. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 28 Juli
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 27 Juli
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 26 Juli

lowongan kerja
lowongan kerja sopir dan karyawati toko, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Menghentikan Perundungan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (25/7/2017). Esai ini karya Dian Sasmita, Direktur Sahabat Kapas, lembaga swadaya masyarakat yang peduli pada perlindungan anak. Alamat e-mail penulis adalah dianmiyoto@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Sepekan terakhir dua video perundungan yang dilakukan sekelompok mahasiswa di…