News
Sabtu, 29 Juli 2017 - 11:00 WIB

Adi Soemarmo Peringkat 15 Bandara Internasional Terbaik Versi ACI

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bandara Adi Soemarmo, Ngemplak, Boyolali, (Solopos/Burhan Aris Nugraha)

Bandara Adi Soemarmo Solo ada di peringkat 15 bandara dunia.

Solopos.com, BOYOLALI — Bandara Adi Soemarmo Solo di Boyolali diakui oleh Airport Council International (ACI) sebagai bandara berperingkat ke-15 dari total 59 bandara di seluruh dunia periode tengah tahun 2017.

Advertisement

Bandara yang terletak di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, itu masuk kategori bandara dengan jumlah pengunjung sekitar 2,5 juta per tahun.

General Manager (GM) Angkasa Pura (AP) I Bandara Adi Soemarmo, Abdullah Usman, mengatakan bandara yang ia kelola baru tahun ini ikut dalam penilaian oleh ACI. Menurutnya, tiap bulan AP I membuat laporan perkembangan bandara.

“Kami ikut penilaian bandara internasional kelas [penumpang] 2,5 juta per tahun. Pada triwulan kedua ini kami masuk ranking 15. Nanti ranking finalnya di akhir tahun,” ujarnya kepada wartawan, Jumat (28/7/2017).

Advertisement

Ia mengatakan pada tahun pertama ini, AP I belum menentukan target apa pun. Mereka ingin tahu posisi mereka di antara bandara internasional lain. “Tahun depan baru kejar target,” kata dia.

Usman menjelaskan kini Bandara Adi Soemarmo memiliki fasilitas baru berupa executive lounge yang diberi nama Concordia Lounge. Ketersediaan lounge tersebut memang menjadi salah satu syarat pelayanan bandara.

“Kemarin [lounge] sempit banget. Kalau yang ini besar, bisa menampung banyak, lebih representatif dan harga bersaing,” ungkapnya.

Advertisement

Airport Operation Services and Hospitality Section Head sekaligus Pelaksana Tugas Sementara Airport Operation and Services Departement Head PT AP I, I Wayan Ova Arantika, 30, menjelaskan survei oleh ACI dilakukan tiap bulan kemudian diumumkan tiap tiga bulan.

Pada triwulan pertama 2017, Bandara Adi Soemarmo mendapat nilai 4,07 dari standar nilai 5 dan menempatkannya di ranking 37 dari 59 bandara internasional di seluruh dunia.

“Kemudian pada triwulan kedua, nilai kami menanjak menjadi 4,46 dan masuk ranking 15 dunia,” kata dia saat berbincang dengan 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif