Jogja
Jumat, 28 Juli 2017 - 09:20 WIB

UIN Dirikan Ponpes Mahasiswa untuk Pembentukan Karakter

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - UIN Sunan Kalijaga Jogja

UIN Sunan Kalijaga Jogja akan mendirikan Ma’had atau pondok pesantren mahasiswa yang secara khusus untuk menampung mahasiswa

Harianjogja.com, SLEMAN – UIN Sunan Kalijaga Jogja akan mendirikan Ma’had atau pondok pesantren mahasiswa yang secara khusus untuk menampung mahasiswa kampus tersebut. Keberadaan ponpes dinilai penting sebagai sarana pembentukan karakter mahasiswa.

Advertisement

Wakil Rektor Bidang Kerjasama UIN Sunan Kalijaga Waryono menyatakan keberadaan pondok mahasiswa di perguruan tinggi Islam sangat berperan untuk membangun karakter mahasiswa. Fasilitas ini tidak saja sebagai tempat tinggal mereka, melainkan memiliki nilai lebih untuk meningkatkan kualitas akademik dan spiritual generasi penerus bangsa.

“Ma’had ini bagian ikhtiar kami mendidik mahasiswa agar lebih baik lagi untuk bisa memadukan fungsi pondok pesantren dan universitas. Selain peningkatan bidang akademik, juga mengembangkan sikap rendah hati, beribadah, sehingga menghasilkan lulusan yang bisa merawat keanekaragaman bangsa ini,” terangnya saat workshop pendirian Ponpes Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga dalam rilis kepada Harianjogja.com, Kamis (27/7/2017).

Guru Besar UIN Malang Prof. Imam Suprayogo menilai pentingnya ponpes mahasiswa untuk membangun karakter. Mengingat, fakta yang terjadi saat ini makin tinggi pendidikan seseorang tidak menjamin bahwa mereka memiliki karakter yang baik. “Akhlak itu muncul dari hati, dan pendidikan formal tidak bisa memperbaiki hati,” ujarnya.

Advertisement

Dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Prof. Siswanto Masruri menuturkan peran pesantren yakni sebagai pusat pendidikan agama Islam, pusat sosial ekonomi, pengembangan seni dan budaya Islam sekaligus pusat pertahanan moral dan wawasan kebangsaan.

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : UIN Sunan Kalijaga
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif