Jateng
Jumat, 28 Juli 2017 - 19:50 WIB

PILKADA 2018 : Gerinda Tawarkan 5 Kandidat untuk Pilgub Jateng

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). (JIBI/Solopos/Dok.)

Pilkada atau tepatnya Pilgub Jateng 2018 disongsong Partai Gerindra dengan menyiapkan lima kandidat.

Semarangpos.com, SEMARANG – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Jawa Tengah mulai mengerucutkan nama-nama calon yang akan diusung dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur (pilgub) yang lebih dikenal publik sebagai Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Jateng 2018.

Advertisement

Ada lima nama yang akan diusung partai berlambang kepala burung Garuda itu dalam pilkada atau tepatnya Pilgub Jateng 2018 itu. Tiga di antara mereka adalah kader Partai Gerindra, sementara itu dua lainnya dari eksternal partai.

Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Jateng yang juga Kepala Desk Pilkada Jateng, Sriyanto Saputro, menyebutkan ketiga kader yang saat ini tengah dibidik untuk maju dalamm Pilgub Jateng 2018 itu adalah Ketua DPD Partai Gerindra Jateng Abdul Wachid, anggota Komisi VIII DPR dari Partai Gerindra Rahayu Saraswati Djojohadikusumo yang juga keponakan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, dan Ferry Joko Yuliantono yang saat ini menjabat sebagai wakil ketua umum Gerindra yang membidangi penggalangan massa.

Sementara itu, dua kandidat yang berasal dari eksternal partai yang menjadi kandidat calon gubernur Gerindra, tak lain adalah mantan Menteri ESDM Sudirman Said dan Kukrit Suryo Wicaksono, yang merupakan bos grup media massa di Jateng. “Kelima kandidat itu saat ini kami persilakan untuk melakukan sosialisasi ke publik agak elektabilitasnya naik di mata masyarakat,” tutur  Sriyanto saat dihubungi Semarangpos.com, Jumat (28/7/2017).

Advertisement

Sriyanto menambahkan saat ini partainya juga telah membentuk tim untuk melakukan survei guna mengetahui kandidat manakah yang paling tinggi tingkat elektabilitasnya. Kandidat yang paling tingkat elektabilitasnya itulah nanti yang akan diusung Gerindra bersama partai koalisi untuk maju dalam Pilgub Jateng 2018.

“Kami sadar kalau tidak bisa mengusung calon sendiri, jadi harus berkoalisi dengan partai lain. Sudah ada beberapa partai yang kami jajaki untuk berkoalisi. Kalau harapan kami, semoga bisa head to head dengan PDIP [Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan],” tutur Sriyanto.

Gerindra saat ini memiliki 11 kursi di DPRD Jateng atau masih kurang sembilan kursi untuk bisa maju dalam Pilkada atau Pilgub Jateng 2018 sesuai aturan yang telah ditetapkan KPU. Sembilan kursi itu bisa dipenuhi Gerindra jika berkoalisi dengan PKB, PKS, Golkar, atau Demokrat.

Advertisement

“Dengan semua partai kami telah melakukan penjajakan. Khusus dengan Demokrat, komunikasi kami saat ini lebih lancar apalagi setelah Ketua Umum Gerindra [Prabowo] melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Demokrat [Susilo Bambang Yudhoyono] tadi malam,” ujar anggota Komisi A DPRD Jateng itu.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif