Jogja
Jumat, 28 Juli 2017 - 14:55 WIB

Ditolak Petani, Rencana Tambak Udang di Bantul Berlanjut

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Papan penolakan pembangunan tambak udang (Bhekti Suryani/JIBI/Harian Jogja)

Meski telah menuai penolakan dari petani pada pertengahan 2014 lalu, wacana pembangunan komplek khusus tambak udang di Dusun Tegalsari, Srigading, Sanden kembali bergulir

Harianjogja.com, BANTUL –Meski telah menuai penolakan dari petani pada pertengahan 2014 lalu, wacana pembangunan kompleks khusus tambak udang di Dusun Tegalsari, Srigading, Sanden kembali bergulir.

Advertisement

Salah seorang petani setempat, Yuni Maryanto dengan tegas menolak rencana ini. Bahkan menurutnya warga tak segan melakukan perlawanan andai Pemdes nekat merealisasikan wacana tersebut seperti yang dilakukan pada pertengahan 2014 lalu.

Ia yang memiliki pertanian di sekitar objek wisata Pengklik Pantai Samas, tempat kompleks tambak udang tersebut akan dibangun ini mengaku tak memahami pertimbangan pemdes. Sebab menurutnya keberadaan kompleks tambak ini dapat mengganggu produktivitas pertanian dan peternakan.

“Harga mati. Apapun yang terjadi kami siap melawan,” tegasnya saat dihubungi pada Kamis (27/7/2017).

Advertisement

Meski mendapat penolakan, Lurah Desa Srigading, Wahyu Widodo mengklaim keberadaan kompleks tambak udang ini tak akan mengganggu wisata Pengklik. Sebaliknya, kawasan tambak justru menopang kebutuhan obwis yang mengandalkan wisata kuliner seafood ini. “Udangnya, kan, bisa disuplai dari tambak,” ungkapnya.

Terkait penolakan kalangan petani, menurut Wahyu pro kontra merupakan hal biasa. Lagipula, menurutnya keberadaan kompleks khusus ini bertujuan menopang kesejahteraan warga. Lagipula, ia mengklaim rencana ini inisiatif pemprov DIY. Bahkan pihak pemprov telah berkoordinasi dengan pemkab dan pemdes Srigading pada Senin (24/7/2017) lalu.

Wahyu menyebut kompleks khusus tambak udang ini akan dibangun di atas lahan seluas 111 hektare milik kas desa, tepat di utara kawasan obwis Pengklik Pantai Samas. Kendati begitu, realisasi pembangunannya akan dilakukan secara bertahap. Awalnya akan dibangun di atas lahan seluas 26 hektare sebagai pilot project.

Advertisement

Menurutnya, desain komplek khusus ini berbeda dengan puluhan petak tambak di pesisir pantai selatan selama ini. Merujuk pada masterplan, komplek ini nantinya akan dilengkapi dengan berbagai teknologi pengelolaan modern. Plus laboratorium khusus yang diproyeksikan sebagai sarana wisata edukasi. “Amdal dan dampak lingkungannya juga diperhatikan,” ujarnya.

Ditanya tentang besaran anggaran yang digelontorkan, Wahyu berdalih belum mengetahui detailnya. Namun ia memperkirakan mencapai puluhan miliar rupiah. Ia juga berkilah tak mengetahui asal-usul sumber pembiayaannya, apakah dari pemrpov atau investor. “Masih ngambang. Karena realisasinya mungkin di atas tahun 2020,” ia berkelit.

Advertisement
Kata Kunci : Tambak Udang
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif