News
Jumat, 28 Juli 2017 - 03:00 WIB

Akan Ada Pusat PAUD dan Pengasuhan di Lembang, Jawa Barat

Redaksi Solopos.com  /  Ayu Prawitasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi PAUD (Dok/JIBI/Solopos)

Pemerintah akan membangun pusat pendidikan anak usia dini (PAUD) di Lembang, Jawa Barat.

Solopos.com, JAKARTA—Pembangunan pusat PAUD dan Pengasuhan di Lembang untuk mendukung program nasional dan melaksanakan implementasi prioritas 1 SEAMEO Seven Priority Area.

Advertisement

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy di Jakarta, Selasa (25/7/2017), mengatakan Indonesia memilih membuka pusat PAUD karena belum ada negara-negara di ASEAN yang membangun pusat PAUD tersebut.

“Belum ada negara ASEAN yang menaruh perhatian tinggi kepada PAUD. Untuk itu Indonesia memilih membangun pusat PAUD agar kita lebih memerhatikan pendidikan usia dini,” kata Muhadjir seperti dilansir Antara, Selasa.

Dia mengatakan sampai saat ini Indonesia juga belum memberikan perhatian kepada PAUD dan pendidikan keorangtuaan. Bahkan alokasi dana untuk PAUD terbilang kecil. Dengan pusat PAUD dan Pengasuhan diharapkan Indonesia dapat fokus mengembangkan PAUD.

Advertisement

Saat ini ada sekitar 5.316.120 anak atau sekitar 27,65 persen anak usia 3-6 tahun yang belum mengenyam PAUD. Sedangkan dari data desa masih ada sekitar 24.684 desa diseluruh Indonesia yang belum punya layanan PAUD. Dana untuk bantuan operasional PAUD senilai Rp3,5 triliun. Setiap anak mendapat Rp600.000. Rencananya anggaran tersebut dinaikkan pada tahun depan menjadi Rp4,1 triliun.

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Kemendikbud Harris Iskandar mengatakan Indonesia ingin memperluas PAUD. Targetnya pada 2030 seluruh desa di Indonesia telah memiliki satu PAUD. “Saat ini sudah 72,35% wilayah di Indonesia memiliki PAUD. Targetnya pada 2019 angka ini meningkat menjadi 77,2%,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif