Jateng
Kamis, 27 Juli 2017 - 04:50 WIB

Gubernur Jateng Ajak Tradisikan Tanam Pohon

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (JIBI/Solopos/Antara/Hafidz Mubarak A.)

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengajak jajarannya dan masyarakat mentradisikan menanam pohon.

Semarangpos.com, SEMARANG — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengajak instansi pemerintahan di tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota maupun masyarakat untuk mentradisikan tanam pohon dalam setiap kegiatan sebagai upaya konservasi lingkungan.

Advertisement

“Mari kita tradisikan menanam pohon, kalau ada seremoni apa pun tanam, ada kawinan suruh tanam, bahkan guru-guru kita dorong agar anak-anak SD, SMP, SMA mumpung jadi siswa baru harus punya pohon minimal dua saja dan dirawat sampai lulus,” katanya, di Semarang, Selasa (25/7/2017).

Menurut Ganjar, tradisi menanam berbagai jenis pohon ini juga bisa menjadi edukasi bagi masyarakat untuk berperilaku baik terhadap lingkungan sekitar, seperti membuang sampah pada tempatnya dan tidak lagi membuang sampah di sungai. Selain itu, pohon yang ditanam juga akan bisa menjadi monumen dari kegiatan yang dilakukan, sehingga akan terus dikenang dan dirawat dengan baik.

“Diharapkan, menanam pohon akan menjadi kebiasaan masyarakat yang bermanfaat untuk konservasi lingkungan,” ujarnya.

Advertisement

Politikus PDI Perjuangan itu menjelaskan bahwa permasalahan lingkungan yang sulit diatasi saat ini adalah sampah. Karena itu, kata Ganjar, pengolahan sampah melalui inovasi dan kreasi harus terus dilakukan baik pada kelompok masyarakat maupun berbagai instansi.

“Kalau inovasi dan kreasi ini bisa berjalan, maka sampah ini dapat berubah dari masalah menjadi berkah,” kata mantan anggota DPR RI itu pula.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif