News
Kamis, 27 Juli 2017 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 27 Juli

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kecelakaan pesawat Sukhoi SU-27 milik AU Ukrainian di Sknyliv Air Show, 27 Juli 2002. (Pinterest.com)

Catatan peristiwa penting dan bersejarah dari tahun ke tahun pada 27 Juli tersaji dalam tulisan berikut.

Semarangpos.com, SOLO – Berbagai peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 27 Juli. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Semarangpos.com merangkumnya dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 27 Juli, demi mengenang berbagai peristiwa tersebut.

Advertisement

1054
Pasukan Northumbria pimpinan Pangeran Siward menyerbu Firth of Forth , Skotlandia. Siward bersama pasukannya berhasil mengalahkan pasukan Skotlandia pimpinan Mac Bethad. Kisah itu lantas makin terkenal setelah sastrawan William Shakespeare mengisahkannya dalam sebuah drama tragedi berjudul Macbeth.

1202
Pasukan Kerajaan Georgia berhasil mengalahkan pasukan Kesultanan Rum dalam Pertempuran Basian di dekat Basian, Turki. Pertempuran itu adalah salah satu rangkaian konflik antara raja Georgia dengan para penguasa Seljuk.

Advertisement

1202
Pasukan Kerajaan Georgia berhasil mengalahkan pasukan Kesultanan Rum dalam Pertempuran Basian di dekat Basian, Turki. Pertempuran itu adalah salah satu rangkaian konflik antara raja Georgia dengan para penguasa Seljuk.

1214
Pasukan Prancis pimpinan Philip II berhasil mengalahkan pasukan Inggris dan Flandaria pimpinan Otto IV. Kemenangan Prancis itu sekalgius menjadi tanda runtuhnya Kekaisaran Avengin di wilayah Prancis yang dipimpin Raja Inggris, John.

1941
Jepang menempatkan pasukannya di Tonkin, Vietnam. Tindakan itu adalah upaya Jepang merebut wilayah Indochina dari tangan Prancis.

Advertisement

1949
Pesawat komersil bermesin jet pertama di dunia, De Havilland Comet, melakukan penerbangan pertamanya. Pesawat itu kali pertama dioperasikan British Overseas Airways Corporation (BOAC).

Perjanjian Gencatan Senjata Perang Korea di Panmunjom, wilayah antara Korut dan Korsel, 1953. (Commondreams.com)

1953
Perang Korea berakhir setelah Amerika Serikat (AS), Tiongkok, dan Korea Utara (Korut) menandatangani persetujuan gencatan senjata di Panmunjom, wilayah antara Korut dan Korea Selatan (Korsel). Namun Presiden Korsel Syngman Rhee menolak menandatanganinya. Meski demikian, ia berjanji menghormati kesepakatan gencatan senjata tersebut. Karena tak ada perjanjian damai, secara teknis konflik antara Korut dan Korsel itu masih berlanjut hingga kini.

Advertisement

1955
Pendudukan Sekutu di Austria sejak 1945 berakhir. Sekutu menduduki Austria setelah memenangi Perang Dunia II. Saat Perang Dunia berakhir, Sekutu memiliki kontrol di beberapa wilayah bekas kekuasaan Jerman, salah satunya Austria.

1990
Otoritas Uni Soviet memberikan kemerdekaan bagi Belarusia. Dengan begitu, rakyat Belarusia merayakan hari kemerdekaannya pada 27 Juli setiap tahunnya. Namun pada 1996, pemerintah Belarusia menetapkan 3 Juni sebagai Hari Kemerdekaan Belarusia.

2002
Sebuah pertunjukan udara di Lviv, Ukraina berubah menjadi bencana ketika pesawat Sukhoi SU-27 yang dikendalikan pilot Volodymyr Toponar dan ko-pilot Yuriy Yegorov jatuh. Sebanyak 27 orang tewas dan 543 orang luka-luka akibat peristiwa itu. Tragedi tersebut menjadi kecelakaan pertunjukan udara paling mematikan. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

Advertisement

KLIK DI SINI untuk Catatab Peristiwa Dunia, 26 Juli
KLIK DI SINI untuk Catatab Peristiwa Dunia, 25 Juli
KLIK DI SINI untuk Catatab Peristiwa Dunia, 26 Juli

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif