Entertainment
Rabu, 26 Juli 2017 - 03:00 WIB

INFO HIDUP SEHAT : Waspadai 5 Pertanda Tubuh Tidak Fit

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kram otot (Youtube)

Info hidup sehat kali ini tentang lima hal sepele yang menjadi tanda adanya masalah dalam tubuh.

Solopos.com, SOLO – Tubuh yang sehat merupakan modal penting bagi kehidupan. Sebab, kondisi tubuh yang tidak sehat kerap menjadi kendala saat seseorang hendak melakukan berbagai aktivitas. Oleh sebab itu menjaga kesehatan tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat sangat dianjurkan.

Advertisement

Tapi, menerapkan pola hidup sehat saja tak menjamin tubuh kebal terhadap penyakit. Nyatanya ada banyak orang yang menderita penyakit kronis meski awalnya terlihat baik-baik saja. Kendati demikian, penyakit itu tentu tak datang begitu saja. Tubuh pasti akan mengirim sinyal tertentu saat kondisinya tidak baik.

Sayangnya, kebanyakan orang mengabaikan sinyal tersebut dan menganggapnya sebagai hal sepele. Padahal, jika diperhatikan Anda tentu bisa mencegah penyakit berbahaya yang tengah mengancam. Nah, apa sajakah tanda sepele yang memberi tahu saat tubuh tak sehat? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Boldsky, Selasa (25/7/2017), berikut ini:

Kembung
Hati-hati jika Anda sering kembung. Kembung disebabkan oleh adanya gas dalam perut yang berlebihan. Biasanya kebanyakan orang akan mengoleskan minyak kayu putih atau balsem untuk meredakan kembung yang dianggap sepele. Tapi, siapa sangka ternyata kembung bisa menjadi pertanda adanya penyakit serius dalam tubuh, seperti alergi makanan, infeksi lambung, hingga kanker usus.

Advertisement

Kentut bau
Bau kentut yang menyengat bisa menjadi pertanda buruk bagi tubuh. Bau kentut biasanya disebabkan oleh makanan tertentu yang dikonsumsi. Hal itu bisa menjadi pertanda jika Anda alergi terhadap makanan tersebut. Selain itu, bau kentut juga menjadi isyarat adanya gangguan pada pencernaan.

Bau mulut
Bau mulut biasanya muncul jika seseorang tak menjaga kebersihan gigi. Selain itu, bau mulut juga bisa menjadi pertanda adanya masalah pada gigi dan gusi. Bisa saja gigi Anda berlubang atau malah mengalalami masalah yang lebih serius, seperti peradangan dinding sinus.

Pusing
Jangan anggap remeh sakit kepala yang sering muncul. Bisa jadi itu merupakan pertanda adanya gangguan pencernaan dan yang terparah adalah tumor otak. Jika Anda sering pusing cobalah periksa ke dokter tentang keluhan tersebut.

Advertisement

Kram
Kram biasanya terjadi saat tubuh dalam kondisi kelelahan setelah melakukan pekerjaan berat. Tapi, waspadalah jika kram muncul tiba-tiba saat Anda tak melakukan aktivitas apapun. Sebab, kram bisa jadi pertanda tubuh kekurangan gizi hingga pengapuran sendi. 

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif