News
Rabu, 26 Juli 2017 - 15:37 WIB

HARI BHAKTI KE-70 TNI AU : Sejarah Baru, Cureng Tampil Perdana di Agenda Napak Tilas

Redaksi Solopos.com  /  Galih Eko Kurniawan  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Komandan Lanud Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Ir Novyan Samyoga (kanan) dalam jumpa pers di Media Center Landasan Udara Adisutjipto, Sleman, Rabu (26/7/2017). (Ist)

Pesawat Cureng digunakan untuk operasi pengeboman tangsi Belanda di Salatiga, Ambarawa dan Semarang pada 1947

Harianjogja.com, SLEMAN—Pesawat legendaris, yakni  Cureng, yang digunakan untuk operasi pengeboman tangsi Belanda di Salatiga, Ambarawa dan Semarang pada 1947, akan dipamerkan di acara Napak Tilas peringatan Hari Bhakti ke-70 TNI AU pada Sabtu (29/7/2017).

Advertisement

Di kompleks TNI AU, Sleman, Rabu (26/7/2017), Komandan Lanud Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Novyan Samyoga bersama dengan Kapentak Lanud Adisutjipto Mayor Sus Giyanto dan Kapten AAU Mayor Sus Ambar Rejiati, menggelar jumpa pers Hari Bhakti ke-70 TNI AU.

Danlanud Novyan menyampaikan penampilan Cureng bakal jadi sejarah karena baru pertama kalinya ditampilkan dalam peringatan hari bhakti. “Cureng di Indonesia itu merupakan pesawat peninggalan dari Jepang dan sekarang menjadi satu-satunya yang masih ada di dunia,” ujarnya, Rabu.

Mayor Sus Giyanto menambahkan rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan dalam mengenang peristiwa itu meliputi acara pokok ziarah dan malam tirakatan di Monumen Ngoto serta upacara militer dengan Inspektur Upacara Kepala Staf TNI AU Marsekal Hadi Tjahjanto.

Advertisement

Acara dilanjutkan wisuda purnapati bertempat di Kampus AAU. Selain itu, sarasehan akan dilaksanakan di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala dan pada pagi dini hari akan dilaksanakan Napak Tilas.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif