Jogja
Selasa, 25 Juli 2017 - 16:55 WIB

RSUD Wates Buka Layanan Poliklinik Sore

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah petugas memberikan layanan verifikator internal bagi pasien di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wates, Kulonprogo, Kamis (29/12/2016). (Rima Sekarani I.N./JIBI/Harian Jogja)

RSUD Wates membuka layanan poliklinik sore sejak Senin (17/7/2017) pekan lalu

 

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO -RSUD Wates membuka layanan poliklinik sore sejak Senin (17/7/2017) pekan lalu. Fasilitas tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesahatan kepada masyarakat.

Direktur RSUD Wates, Lies Indriyati mengatakan, layanan poliklinik pagi masih berjalan seperti biasa. Hanya saja, pihaknya kini memberikan pilihan kepada pasien yang membutuhkan pelayanan di sore hari.

Advertisement

Direktur RSUD Wates, Lies Indriyati mengatakan, layanan poliklinik pagi masih berjalan seperti biasa. Hanya saja, pihaknya kini memberikan pilihan kepada pasien yang membutuhkan pelayanan di sore hari.

“Jadi ada tambahan waktu layanan. Sementara ini baru untuk poliklinik spesialis anak dan bedah,” ujar Lies, Senin (24/7/2017).

Lies lalu memaparkan, selama ini banyak keluhan dari masyarakat terkait waktu layanan poliklinik di RSUD Wates. Dia mencontohkan, kalangan orang tua merasa agak repot jika mesti meninggalkan pekerjaan pada pagi atau siang hari untuk menemani anaknya menjalani pemeriksaan kesehatan.

Advertisement

Jumlah pasien yang mengakses layanan poliklinik memang cukup banyak, yaitu rata-rata mencapai 500 orang per hari. Hal itu kerap menyebabkan adanya kepadatan di ruang tunggu pemeriksaan sehingga kurang nyaman bagi pasien maupun keluarga yang mengantar. Keberadaan poliklinik sore kemudian juga diharapkan menjadi solusi alternatif bagi permasalahan tersebut.

Lies lalu mengungkapkan,  pelaksanaan layanan poliklinik sore menyesuaikan dengan waktu yang masih dimiliki dokter spesialis bersangkutan. Itulah mengapa sementara ini poliklinik sore untuk spesialis anak hanya dibuka pada Senin dan Rabu, sedangkan spesialis bedah dibuka setiap Senin dan Jumat.

Meski begitu, dia berharap nantinya semakin banyak dokter spesialis yang bisa bertugas hingga sore atau bahkan malam hari demi optimalisasi pelayanan kepada pasien.

Advertisement

“Harapannya nanti akan bertambah. Kalau [pasien poliklinik sore] sudah banyak, mereka akan menyesuaikan dengan kegiatan masing-masing,” kata Lies.

Sebelumnya, Gubernur DIY Sri Sultan HB X berharap RSUD Wates memiliki visi untuk menjadi rumah sakit bertaraf internasional. Hal itu tentu berkaitan dengan adanya pembangunan bandara baru New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Temon, Kulonprogo.

Sistem pelayanan kesehatan harus dikelola secara lebih efektif dan profesional dengan mengedepankan good hospital governance. “Konsekuensinya, harus terus menerus meningkatkan mutu layanan dan pembenahan manajemen,” ungkap Sri Sultan HB X.

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : RSUD Wates Rumah Sakit
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif