Jateng
Selasa, 25 Juli 2017 - 12:50 WIB

PENDIDIKAN SEMARANG : KAI Semarang Ajak Siswa TK Cintai Kereta Api

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kereta api (Instagram @keretaapikita)

Pendidikan Semarang diwarnai upaya PT KAI Daops IV Semarang mengajak peserta didik taman kanak-kanak mencintai kereta api.

Semarangpos.com, SEMARANG — Puluhan bocah peserta didik taman kanak-kanak dan anak yatim piatu di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Senin (24/7/2017), diajak mencintai kereta api (KA).

Advertisement

Langkah itu dilakukan manajemen PT KAI Daops IV Semarang dengan memberikan edukasi secara teori maupun praktik mengenai perkeretaapian kepada para siswa TK dan bocah yatim piatu. Mereka diajari cara memesan tiket, mencetak tiket, boarding pass, hingga naik ke KA Argo Bromo di Stasiun Tawang Semarang.

Berbagai pekerjaan di bidang perekeretaapian juga dikenalkan kepada anak-anak, mulai masinis, kondektur, polisi khusus kereta api (polsuska), pengatur perjalanan kereta api, hingga teknisi khusus kereta. Dengan suasana yang menyenangkan dan bersahabat, anak-anak itu pun langsung menunjukkan jari ketika ditanya siapa di antara mereka yang ingin menjadi pekerja perkeretaapian ketika sudah besar nantinya.

Setidaknya ada 25 anak yatim piatu dari Yayasan Al-Kahfi dan 50 siswa dari TK Yayasan Wanita Kereta Api (YWKA) yang diajak berpartisipasi dalam kegiatan untuk memperingati Hari Anak Nasional (HAN) itu. Wakil Kepala PT KAI Daops IV Semarang Tamsil Nurhamedi menjelaskan kegiatan itu memang untuk memperingati HAN setiap 23 Juli, sekaligus mendekatkan dan mengakrabkan anak-anak dengan KA.

Advertisement

“Ya, sebagai edukasi kepada mereka bagaimana KA itu. Apa saja profesi di KA, seperti masinis, kondektur, dan sebagainya. Kami ajak pula mereka langsung merasakan di atas KA,” katanya.

Ia mengatakan kecintaan dan kepedulian terhadap keselamatan perkeretaapian memang harus ditumbuhkan sejak dini, salah satunya dengan mengajak melihat dan merasakan langsung bagaimana berada di KA. “Ternyata, animo anak-anak sangat besar. Banyak yang aktif bertanya apa saja seputar perkeretaapian. Kami memang berikan kesempatan untuk memberikan edukasi kepada mereka,” katanya.

Diajarkan pula dalam kesempatan itu mengenai keselamatan perjalanan KA dengan tidak melakukan aktivitas apapun di sepanjang jalur KA karena bisa membahayakan diri sendiri, orang lain, dan perjalanan KA. “Bisa dilihat sendiri suasananya sangat menyenangkan. Memang kami ingin anak-anak ini makin familier dan akrab dengan KA, apalagi mereka merupakan calon pengguna layanan KA,” katanya.

Advertisement

Selain mengajak anak-anak ke stasiun dan merasakan naik kereta api, KAI Semarang juga memberikan santunan kepada anak-anak yatim piatu di Yayasan Al-Kahfi dalam peringatan Hari Anak Nasional tahun ini.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif