Lifestyle
Selasa, 25 Juli 2017 - 04:00 WIB

Ke Bandung Jangan Lupa Cicipi Satai Jando

Redaksi Solopos.com  /  Alvari Kunto Prabowo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Satai Jando jadi salah satu kuliner wajib saat di Bandung. (pergikuliner.com)

Satai Jando terletak di belakang Gedung Satai

Solopos.com, BANDUNG — Berbicara tentang wisata kuliner di Bandung memang tidak ada habisnya yakni, salah satunya adalah kuliner jenis satai bernama Satai Jando.

Advertisement

Salah satu tempat yang bisa dikunjungi jika ingin menikmati kuliner jenis satai yang bercita rasa bintang lima namun harganya kaki lima bisa didapatkan di Satai Jando yang berada di Jl. Cimandiri, tepatnya di belakang Gedung Satai Bandung.

Apabila melewati Jalan Cimandiri akan didapatkan pemandangan orang yang antre demi mincicipi Satai Jando yang terdiri dari Satai Jando Ayam dan Satai Jando Sapi.

“Enak, saya sukanya satai ayam sama jandonya. Kalau hari Minggu pasti antre panjang. Ya memang kalau hari Minggu suka ada yang olahraga di Gasibu beli satai di sini,? kata Elfan, Senin (24/7/2017), seperti ditulis Kantor Berita Antara.

Advertisement

Adanya bagian lemak susu dari sapi atau gajih menjadi pembeda sekaligus ciri khas dari Satai Jando ini. Bagian lemak ini lah yang membuat Satai Jando di Jalan Cimandiri menjadi lebih gurih ketika disantap dengan bumbu kacang yang rasanya sedikit agak manis. Agar kenyang saat dimakan, penjual Satai Jando menambahkan lontong beras dalam setiap porsi Satai Jandonya.

Penjual Satai Jando di Jl. Cimandiri Kota Bandung, Sri Rejeki menuturkan usaha Satai Jando tersebut kali pertama dirintis oleh ibunya yang bernama Katemi sekitar 25 tahun lalu.

“Ibu saya dulu jualannya berkeliling di sekitar Bandung. Kalau saya berjualan satai jando ini sudah 15 tahun, melanjutkan usaha ibu saya yang dulu juga berjualan Satai Jando,” kata Sri Rejeki.

Advertisement

Sri mengatakan ada tiga macam satai yang dijual oleh dirinya, yaitu satai ayam plus jando, sapi plus jando dan satai hanya bagian jando (lemak di bagian payudara sapi). Nama Jando bersal dari konsumen yang sering menyebut satai payudara sapi tersebut jando.

Satu porsi berisi 10 tusuk termasuk lontong yang disajikan dengan daun pisang dan satai ini disiram bumbu kacang yang sangat kental, kecap, dan sambal. Harga seporsi satai Jando adalah Rp23.000 dan setiap harinya Sri mulai berjualan sekitar pukul 09.30 WIB hingga 14.00 WIB kemudian khusus Hari Minggu buka lebih awal yakni pukul 07.00 WIB.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif