Inilah trik hemat ketika melakukan reservasi tiket pesawat. (Shutterstock) Inilah trik hemat ketika melakukan reservasi tiket pesawat. (Shutterstock)
Selasa, 25 Juli 2017 15:52 WIB JIBI/SOLOPOS/Advertorial Travel Share :

4 Tips Hemat Saat Reservasi Tiket Pesawat

4 Tips Hemat Saat Reservasi Tiket Pesawat

Naik pesawat bukan lagi hal yang sulit didapat. Dengan meningkatnya minat masyarakat untuk traveling, membuat pembelian tiket pesawat pun turut meningkat.

Meskipun begitu, banyak yang merasa kalau harga tiket pesawat masih terlampau mahal. Padahal, pesawat adalah salah satu pilihan transportasi yang bisa dibilang paling nyaman, aman, dan efisiensi.

Sebenarnya, saat ini sangat mudah untuk mendapatkan tiket pesawat murah. Ada tips khusus untuk mendapatkannya. Apa saja? Berikut daftarnya.

 

Reservasi dari jauh hari memperbesar kesempatan mendapat tiket pesawat murah. (Shutterstock)

Reservasi dari jauh hari memperbesar kesempatan mendapat tiket pesawat murah. (Shutterstock)

  1. Reservasi dari jauh hari

 

Langkah pertama ini adalah langkah yang paling penting saat membeli tiket pesawat. Bukan rahasia umum lagi kalau reservasi sejak jauh hari akan memberikan kemungkinan yang besar untuk mendapatkan tiket pesawat murah.

Pasalnya, tiket ekonomi pasti masih banyak tersedia. Ditambah lagi permintaan tiket pesawat masih belum banyak. Jadi, tiket yang ditawarkan masih dalam rentang harga yang lumayan murah.

Menurut pakar penerbangan Seth Kaplan, waktu ideal untuk melakukan reservasi tiket adalah dua bulan sebelum keberangkatan. Di waktu inilah Anda akan dengan mudah menemukan kursi dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan periode lainnya.

Penumpang yang membeli sepuluh bulan sebelum penerbangan (seperti pasangan yang akan menjalani honeymoon) atau beberapa minggu sebelum penerbangan (untuk business trip atau keperluan keluarga mendadak) biasanya akan rela membayar tiket dengan harga yang lebih mahal.

Namun, teori ini tidak berlaku jika Anda membeli tiket di saat musim liburan atau peak season seperti hari raya Idul Fitri, Natal, maupun tahun baru.

 

Situs Reservasi terpercaya akan mempermudah proses pembelian tiket yang transparan dan tanpa biaya tambahan. (Shutterstock)

Situs Reservasi terpercaya akan mempermudah proses pembelian tiket yang transparan dan tanpa biaya tambahan. (Shutterstock)

  1. Gunakan situs reservasi terpercaya

Situs reservasi terpercaya juga memberikan peran penting dalam mendapatkan tiket pesawat murah.

Mengapa? Biasanya situs reservasi terbaik akan menampilkan harga yang transparan, banyak pilihan dan memberi kemudahan untuk melakukan perbandingan harga. Jika melihat situs Reservasi.com, Anda akan menemukan tiga hal di atas sekaligus saat akan membeli tiket pesawat.

Jangan pernah menyia-nyiakan promo tiket karena biasanya bisa menghemat hingga jutaan rupiah. (Shutterstock)

Jangan pernah menyia-nyiakan promo tiket karena biasanya bisa menghemat hingga jutaan rupiah. (Shutterstock)

  1. Manfaatkan promo tiket

Promo tiket adalah satu hal yang tidak boleh dilewatkan saat akan membeli tiket pesawat. Alasannya, penawaran promo dari tiap maskapai bisa menghemat hingga 80% dari harga tiket normal di hari biasa.

Dari beberapa hasil penelitian tentang penerbangan, umumnya maskapai akan memberikan penawaran promo terbesar di hari Senin sore sampai hari Selasa. Inilah yang bagi sebagian orang dianggap sebagai waktu yang “sakral” untuk mencari tiket dengan harga promo.

Untuk terus mendapatkan info tentang promo, Anda bisa mengikuti akun media sosial dan juga mengikuti newsletter tiap maskapai. Dengan begitu tidak akan lagi ketinggalan promo yang sedang berlangsung.

Kesempatan ini memang terlihat sepele dan mudah bagi sebagian orang. Namun sebenarnya, melakukan pengecekan ke setiap akun media sosial berbagai maskapai akan sangat membantu menghemat beberapa rupiah dan mendapatkan tiket pesawat yang murah.

Apalagi jika Anda benar-benar mengumpulkan segenap niat hingga mengikuti setiap kuis yang diadakan di akun beberapa maskapai. Promo tiket juga biasanya bisa didapat dari promosi produk lain yang bekerja sama dengan maskapai terkait.

Reservasi.com adalah situs reservasi tiket online yang menyediakan diskon berlimpah, harga transparan, dan proses yang mudah. (Shutterstock)

Reservasi.com adalah situs reservasi tiket online yang menyediakan diskon berlimpah, harga transparan, dan proses yang mudah. (Shutterstock)

  1. Pesan di Reservasi.com

Mulai dari harga tiket yang murah hingga membandingkan harga tiket dengan mudah adalah satu dari banyaknya keuntungan yang bisa didapat jika melakukan reservasi dari online travel agency.

Tentunya, Anda bisa mendapatkan harga tiket terbaik di Reservasi.com. Salah satu situs reservasi dengan diskon berlimpah dan proses yang mudah.

Berbagai keuntungan bisa langsung didapat karena akan ada banyak promo dan juga keistimewaan yang ditawarkan. Bahkan, Anda bisa mendapatkan diskon tiket pesawat hingga Rp. 1 Juta tanpa minimun transaksi.

Itulah empat tips hemat saat reservasi tiket pesawat. Coba aplikasikan keempatnya saat akan merencanakan perjalanan. Anda bisa menghemat beberapa pengeluaran selama liburan.

Sekarang ini, tak perlu lagi ribet dan buang waktu untuk hanya sekadar cari tiket pesawat termurah. Cukup lihat di situs reservasi tiket online, dan Anda tinggal membuat rencana selanjutnya untuk menjelajahi destinasi impian.

Perlu diingat, pelesiran dan melepas penat sejenak adalah hak semua orang. Pastikan Anda mendapatkan hak itu secara penuh, ya!

lowongan kerja
lowongan kerja SOLOPOS, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Ngutang

Gagasan ini dimuat Solopos edisi Selasa (18/7/2017). Esai ini karya Ronny P. Sasmita, Direktur Eksekutif Economic Action Indonesia dan Analis Ekonomi BNI Securities Jakarta Barat. Alamat e-mail penulis adalah ronny_sasmita@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO–Banyak kawan yang bertanya kepada saya, mengapa pemerintah memperlebar…