Jateng
Senin, 24 Juli 2017 - 13:50 WIB

Kejaksaan Jateng Selamatkan Rp7,2 M Uang Korupsi

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kiprah kejaksaan. (JIBI/Semarangpos.com/Dok.)

Kejaksaan di Jateng sepanjang semester I tahun 2017 ini berhasil menyelamatkan Rp7,2 miliar uang negara yang dikorupsi.

Semarangpos.com, SEMARANG — Kejaksaan-kejaksaan di wilayah Jawa Tengah, sepanjang semester I tahun 2017 ini, telah menyelamatkan Rp7,21 miliar uang negara dari tindak pidana korupsi.

Advertisement

Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah Sugeng Pudjianto seusai upacara peringatan Hari Bakti Adhyaksa di Kota Semarang, Sabtu (22/7/2017), mengatakan penyelamatan uang negara oleh 38 kejaksaan di Jateng tersebut berasal dari puluhan kasus korupsi yang telah ditangani hingga proses eksekusi.

Dari perhitungan jumlah penyelamatan uang negara tersebut, terbesar berasal dari Kejaksaan Negeri Kota Semarang yang mencapai Rp4,4 miliar.

Prestasi lain 38 kejaksaan di Jateng, lanjut Sugeng, selama 2017 ini sudah tidak ada lagi tunggakan perkara dari tahun sebelumnya. “Selama Januari hingga Juli ada 33 kasus yang diselidiki, sementara yang sudah naik ke penyidikan sebanyak 20 perkara,” katanya.

Advertisement

Bertepatan dengan peringatan Hari Bakti Adhyaksa ini, ia meminta seluruh pegawai kejaksaan untuk tetap semangat bekerja di tengah keterbatasan anggaran untuk bekerja.  Ia mengungkapkan Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah hanya memperoleh alokasi anggaran untuk penanganan dua kasus korupsi dalam setahun. Sementara masing-masing kejaksaan negeri dijatah hanya satu penanganan kasus korupsi.

Padahal, lanjut dia, tantangan dalam penegakan hukum ke depan akan semakin berat. Oleh karena itu, ia meminta seluruh pegawai tidak putus asa. Meski alokasi anggaran untuk kegiatan kejaksaan terbatas, menurut dia, lembaga penegak hukum ini akan mengutamakan pencegahan dalam mengantisipasi tindak pidana korupsi.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif