News
Senin, 24 Juli 2017 - 15:00 WIB

Kata Zulkifli, Setuju UU Pemilu Berarti PAN Bunuh Diri

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (kedua dari kanan) dalam penutupan Kongres IV PAN di Badung, Bali, Senin (2/3/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Rosa Panggabean)

Ketua Umum PAN menyebut jika ikut menyetujui UU Pemilu, maka partainya sama saja bunuh diri.

Solopos.com, JAKARTA — Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan buka suara soal sikap partainya yang bertentangan dengan koalisi partai pendukung pemerintah soal UU Pemilu. Menurutnya, kalau tidak memilih abstain dalam proses pengambilan keputusan UU Pemilu, maka partainya sama saja dengan bunuh diri.

Advertisement

“PAN itu memang berbeda dengan yang lain-lain. Apalagi ini menyangkut nasib partai. Suara kita merata pada pemilu kemarin dam kami minta (perhitungan suara) kuota hare. Kalau saya mendukung saint lague itu artinya PAN bunuh diri kan,” kata Zulkifli, Senin (24/7/2017).

Ketua MPR itu menambahkan penolakan UU Pemilu tersebut sudah sesuai dengan keinginan para kader PAN. “Kalau saya setuju saya bisa dimarahin para kader. Karena itu kita abstain. Walau di TV judulnya walk out semua. Itu sebenarnya abstain, tidak ikut proses voting,” ujarnya.

Dia menegaskan tidak mungkin pihaknya menyetujui sebuah undang-undang yang menghabisi partai sendiri. Sebelumnya, agenda voting untuk mengesahkan RUU Pemilu diwarnai aksi walk out yang dilakukan empat fraksi. Keempat fraksi itu adalah PAN, Gerindra, Demokrat, dan Fraksi PKS.

Advertisement

Fadli Zon yang mulanya memimpin jalannya sidang paripurna pun ikut meninggalkan forum. Sidang paripurna lantas diambil alih oleh Ketua DPR Setya Novanto. Pengambilan keputusan dilakukan secara aklamasi karena hanya tersisa enam fraksi yang semuanya sepakat memilih Paket A.

Paket A terdiri dari sistem pemilu terbuka presidential threshold 20%-25%, ambang batas parlemen 4%, metode konversi suara sainte lague murni, dan kursi dapil 3-10.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif