Teknologi
Senin, 24 Juli 2017 - 14:10 WIB

Jarang Dipakai, Fitur Video Editor di Youtube Bakal Dihapus

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo Youtube (Dok/JIBI)

Fitur video editor bakal ditiadakan Youtube karena jarang digunakan.

Solopos.com, SOLO — Youtube segera menghapus fitur video editor dan slideshow foto karena jarang digunakan. Kebijakan ini bakal diterapkan berlaku mulai 20 September 2017 mendatang.

Advertisement

Dilansir The Verge, Senin (24/7/2017),  pengguna Youtube diperkirakan lebih menyukai memakai aplikasi mengedit video yang lebih populer, seperti Final Cut X dan Adobe Premiere daripada menggunakan yang telah disediakan Youtube.

“Kami telah melihat keterbatasan penggunaan fitur tersebut sehingga kami menghapusnya untuk fokus pada upaya kami dalam merancang alat baru dan mengembangkan fitur yang telah ada,” ungkap Marissa Morrill, Community Manager Youtube.

Rencananya, Video Editor dan Photo Slideshow akan berhenti beroperasi pada 20 September 2017. Youtube juga mengatakan bahwa video yang telah diunggah menggunakan fitur tersebut tak akan terpengaruh dengan penutupan layanan tersebut.

Advertisement

Meski demikian, pengguna masih bisa melakukan beberapa perbaikan (edit) video melalui Video Manager. Fitur ini memiliki peningkatan di beberapa perbaikan seperti trimming, blurring dan filter. Selain itu ada pula sejumlah fitur di Video Editor yang dipertahankan.

“Kami menjaga peningkatan fitur di Video Manager. Hal lain yang tak dihapus ialah, trimming, blurring, audio library, filters, end screens, cards, subtitles, sound effect, dan quick fixes,” lanjutnya. “Ada banyak aplikasi gratis dan alat editing pihak ketiga yang tersedia jika Anda mencari software baru,” tutup Morrill.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif