Jateng
Minggu, 23 Juli 2017 - 16:50 WIB

PENDIDIKAN JATENG : KKN Tematik Diandalkan Kembangkan Potensi Desa

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi KKN Undip (ajiikurniawan.blogspot.com)

Pendidikan tinggi di Jateng didorong ikut berperan dalam pembangan potensi desa dengan KKN tematik.

Semarangpos.com, SEMARANG — Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mendorong perguruan tinggi untuk berperan aktif mengembangkan pemanfaatan berbagai potensi desa melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik. “Melalui KKN Tematik, civitas academica dapat melihat secara nyata permasalahan di desa, dan membantu menyelesaikannya,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono di Kota Semarang, Sabtu (22/7/2017).

Advertisement

Menurut dia, program KKN Tematik sebagai pelaksanaan dari tri dharma perguruan tinggi, juga mampu memangkas jarak antara insan pendidikan tinggi di Jateng dengan masyarakat setempat, apalagi jika perguruan tinggi menerapkan program desa binaan yang menjadi fokus pemberdayaan desa. “Kalau masing-masing perguruan tinggi punya desa binaan, maka antardaerah bisa sharing strategi untuk memajukan masing-masing desa, termasuk bagaimana menerapkan administrasi desa dan mengelola dana desa yang baik,” ujarnya.

Pemprov Jateng, kata dia, mengimbau perangkat desa menempelkan alokasi penggunaan dana desanya sehingga masyarakat dapat ikut memantau serta mengoreksi. Sekda juga meminta kalangan mahasiswa dengan berbagai ilmu pengetahuan pendidikan tinggi masing-masing turut berperan memajukan pembangunan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat Jateng.

“Mahasiswa, terutama dari Jateng diharapkan bisa mendorong kemajuan daerah, membuat beragam program yang mampu memberdayakan masyarakat, membangun desa tanpa meninggalkan kearifan lokal,” katanya. Ia menyebutkan model pembangunan dengan partisipasi mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu bisa diterapkan dalam kehidupan masyarakat Jateng.

Advertisement

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif