Jogja
Minggu, 23 Juli 2017 - 23:20 WIB

PEMKAB KULONPROGO : 70 Bayi Lahir Dapatkan Layanan Three In One

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi akta kelahiran (JIBI/Solopos/Dok.)

Pemkab Kulonprogo menerapkan layanan cepat untuk kelahiran

Harianjogja.com, KULONPROGO — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Kulonprogo memberikan layanan three in one kepada 70 bayi lahir di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wates. Orang tua bisa menerima tiga dokumen kependudukan sekaligus ketika membawa bayinya pulang.

Advertisement

Layanan three in one bagi bayi lahir merupakan bagian dari program 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati Kulonprogo yang dijalankan Dinas Dukcapil Kulonprogo. Setiap bayi lahir yang pulang dari rumah sakit, puskesmas, maupun klinik bersalin milik pemerintah diharapkan sudah memiliki tiga dokumen kependudukan sekaligus. Bukan hanya akta kelahiran, melainkan juga nomor induk kependudukan (NIK) beserta kartu keluarga baru dan kartu identitas anak (KIA).

Kepala Dinas Dukcapil Kulonprogo, Djulistyo mengatakan, inovasi layanan kependudukan itu sudah diterapkan di RSUD Wates selama dua pekan terakhir.

“Jadi setiap bayi yang lahir di sana, ketika keluar rumah sakit sudah membawa tiga dokumen kependudukan. Sampai pekan kemarin sudah ada 70 bayi yang menerima layanan itu,” ujar Djulistyo, Minggu (23/7).

Advertisement

Djulistyo memaparkan,  penertiban NIK, KIA, maupun akta kelahiran dirancang untuk tuntas sebelum bayi pulang. Timnya melakukan layanan jemput bola sehingga orang tua bayi tidak perlu repot-repot datang ke kantor Dinas Dukcapil Kulonprogo. Mereka hanya diminta menyerahkan berkas yang dibutuhkan untuk memperlancar proses administrasi, seperti foto kopi surat nikah dan KTP orang tua bayi.

“Petugas kami yang datang ke RSUD. Orang tua bayi atau keluarganya cukup menyerahkan berkas yang dibutuhkan,” kata dia.

Sementara itu, Direktur RSUD Wates, Lies Indriyati mengatakan koordinasi dengan Dinas Dukcapil Kulonprogo berjalan lancar. Dia juga menilai kehadiran layanan three in one bagi bayi lahir secara tidak langsung turut meningkatkan kualitas pelayanan publik di RSUD Wates.

Advertisement

“Selama ini kami juga dikenal sebagai rumah sakit sayang ibu dan anak sehingga memang memberikan perhatian lebih bagi ibu hamil, ibu melahirkan, dan anak-anak,” ungkap Lies.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif