Lifestyle
Sabtu, 22 Juli 2017 - 09:00 WIB

SERBA LIMA : Berhaji, Jangan Lewatkan 5 Kuliner Arab Saudi Ini

Redaksi Solopos.com  /  Alvari Kunto Prabowo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Fast Food Albaik (saminaik.com/JIBI)

Arab Saudi menawarkan kuliner yang wajib dicicipi

Solopos.com, MADINAH—Bisa menjalankan ibadah haji merupakan anugerah bagi umat Islam.  Bagi Anda yang menjalankan ibadah haji pada September nanti tak ada salahnya untuk menikmati kuliner yang ditawarkan di Arab saudi.

Advertisement

Meski pihak katering haji sudah menyediakan banyak menu yang akrab dengan lidah Indonesia, calon haji bisa pula menikmati menu khas negeri padang pasir itu. Lantas apa saja yang bisa dicicipi? Berikut lima di antaranya seperti ditulis okezone.com, Jumat (21/7/2017).

Falafel

Jajanan asal Arab ini termasuk yang paling populer. Falafel termasuk dalam jenis jajanan karena bentuknya yang kecil dan bisa dimakan dengan mudah, bahkan sambil beraktifitas.

Advertisement

Falafel terbuat dari adonan kacang faca dan memiliki rasa pedas dan gurih. Falafel dimasak dengan cara digoreng sehingga teksturnya renyah.

Biasanya falafel disajikan dengan topping sayuran, acar, salad, dan berbagai saus khas. Saking banyaknya penjual falafel di Arab, makanan ini bisa dikatakan sebagai salah satu jajanan pinggir jalan negeri Saudi.

Nasi mandy daging kambing (youtube.com/JIBI)

Nasi Mandy

Advertisement

Sebagai makanan berat, nasi mandy termasuk yang paling populer di Arab. Nasi ini terbuat dari beras basmati yang memiliki ciri bulir panjang dan bertekstur pulen.

Untuk membuat rasanya lezat, beras ini dimasak bersama berbagai bumbu dan rempah khas Arab mulai dari jintan, adas, kayu manis, saffron hingga lada hitam.

Nasi mandy disajikan dengan berbagai pelengkap yang umumnya berupa daging ayam atau daging domba panggang. Porsinya yang cukup besar membuat nasi mandy biasa dimakan secara bersama –sama.

Kunafa (archanakitchen.com/JIBI)

Advertisement

Kunafa

Makanan ini termasuk jenis dessert dan cukup dikenal di Makkah, Mesir, Lebanon dan Turki. Dessert manis ini terbuat dari phillo pastry yang dipotong tipis-tipis kemudian disiram dengan sirup gula.

Kunafa biasa disajikan dengan isian kismis, kelapa parut, kacang-kacangan dan krim. Sirup gula dalam kunafa juga dicampur dengan air mawar yang membuat aroma serta rasanya khas.

Nasi Biryani (fastbiryani.com/JIBI)

Advertisement

Nasi Biryani

Tak berbeda jauh dengan nasi mandy, suguhan nasi biryani juga jadi santapan nikmat yang bisa mengganjal perut kala tengah melaksanakan ibadah haji. Nasi biryani dimasak bersama rempah, sayuran dan daging.

Bedanya dengan nasi mandy, nasi biryani punya aroma dan rasa yang lebih pekat serta kuat. Nasi biryani sebenarnya berasal dari Persia, kata biryani sendiri memiliki arti goreng atau panggang. Nasi biryani biasa disajikan dengan daging kambing atau domba panggang.

Fast Food Albaik (saminaik.com/JIBI)

Fast Food Al Baik

Jika lidah masih belum familiar dengan rasa makanan Arab beraroma kuat maka Anda bisa mencoba datang ke restoran cepat saji. Di Arab ada restoran cepat saji yang menyajikan berbagai makanan ala fast food Amerika, namun bedanya pemilik restoran adalah orang Palestina.

Advertisement

Di restoran Al Baik, banyak menu makanan yang bisa dipilih mulai dari ayam goreng, kentang goreng, burger, sandwich hingga minuman bersoda.

Jika biasanya ayam goreng disajikan dengan seporsi nasi maka di restoran ini ayam goreng hadir bersama kentang goreng ataupun roti burger yang dimakan dengan cara disobek. Harganya 14 riyal atau sekitar Rp48.000 untuk paket lengkapnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif