News
Jumat, 21 Juli 2017 - 00:40 WIB

STPMD APMD JOGJA : Konsisten pada Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

Redaksi Solopos.com  /  Galih Eko Kurniawan  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sejak awal konsisten menaruh perhatian pada pemberdayaan masyarakat dan desa

Harianjogja.com, JOGJA—Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa APMD (STPMD APMD) Akreditasi B merupakan perguruan tinggi yang sejak awal konsisten menaruh perhatian pada pemberdayaan masyarakat dan desa.

Advertisement

Perhatian ini dikedepankan sebagai standing position serta respons akademik dan sosial terhadap ketidakberdayaan (powerless) masyarakat dalam menghadapi negara, pasar dan globalisasi. Kini keberadaan STPMD APMD sangat relevan dengan konteks pengembangan otonomi daerah, local govermance reform.

Desa membangun Indonesia menjadi semangat/spirit STPMD APMD untuk turut serta memajukan/membangun lebih dari 74.000 desa yang ada di Indonesia. Dominasi wilayah desa dan warga yang tinggal di desa bermakna kemajuan desa indentik dengan kemajuan Indonesia.

Advertisement

Terbitnya Undang-Undang No.6/2014 tentang Desa membuat eksistensi desa ke depan makin diperhitungkan diperhatikan pemerintah. Untuk ini peningkatan kapasitas aktor dan pelaku desa mutlak diperlukan demi tercapainya kemandirian desa.

STPMD APMD sebagai Perguruan Tinggi mempunyai visi menjadi sekolah tinggi yang mampu mendorong kemandirian masyarakat dan desa secara konsisten dan terpercaya. Dengan visi ini, STPMD APMD mempunyai misi menyelenggarakan tata kelola Sekolah Tinggi yang kredibel, transparan, akuntabel dan bertanggung jawab.

Selain itu juga mengembangkan pendidikan, penelitian, dan pengabdian yang berorientasi pada kemandirian masyarakat dan desa, serta mengembangkan peserta didik yang mampu membangun kemandirian masyarakat dan desa.

Program Studi dan Akreditasi
1. Pembangunan  Masyarakat  Desa  (D-3) Akreditasi – B
2. Ilmu Sosiatri/ Pembangunan Sosial (S-1) Akreditasi – A
3. Ilmu Komunikasi (S-1) Akreditasi – B
4. Ilmu Pemerintahan (S-1) Akreditasi – A
5. Ilmu Pemerintahan (S-2) Akreditasi – B

Advertisement

Bersambung halaman 2 : Program Studi di ATPMD APMD Jogja
Program Studi di ATPMD APMD Jogja

 

Peserta didik STPMD APMD Jogja. (Ist)

1. Program Studi Pembangunan Masyarakat Desa (D-3) Akreditasi B
Program Studi Pembangunan Masyarakat Desa  (Diploma 3) menitik beratkan pada kajian pemberdayaan masyarakat desa, menuju kemandirian desa. Pencapaiannya dilakukan melalui peningkatan kapasitas pemerintah desa dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat desa. Program Studi ini mempersiapkan lulusannya dengan membekali pengetahuan dan ketrampilan dalam memfasilitasi aktor-aktor desa (Pemerintah Desa, Badan Permusyawaratan Desa dan Masyarakat/ Lembaga Kemasyarakatan Desa).

Advertisement

Profil Lulusan :
Lulusan dari program studi Pembangunan Masyarakat Desa ini memiliki kemampuan/ ketrampilan dibidang tatakelola desa, katalisator pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.
Mata Kuliah yang diberikan antara lain :
Kepemimpinan Desa, Perencanaan Pembangunan Desa, Pengelolaan Keuangan Desa, Teknik Penyusunan Regulasi Desa, Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa.

2. Program Studi Ilmu Sosiatri / Pembangunan Sosial (S-1) Akreditasi A
Program Studi Ilmu Sosiatri/Pembangunan Sosial adalah ilmu yang mempelajari tentang strategi pengembangan dan pemberdayaan individu serta masyarakat, dengan pendekatan utama pada aspek sosial budaya, dan dilengkapi aspek ekonomi, politik dan ekologi. Mahasiswa dilatih untuk menguasasi masalah-masalah sosial, potensi dan sumber daya, perancangan strategi pengembangan masyarakat serta alternatif solusi dan rancangan agenda aksi pemberdayaan masyarakat dan desa.

Profil Lulusan :
Lulusan dari Program Studi Ilmu Sosiatri/Pembangunan Sosial telah banyak berkiprah sebagai penggiat Lembaga Sosial Masyarakat (LSM), konsultan Corporate Social Responsibility (CSR), peneliti, akademisi, birokrat, pendamping dan fasilitator desa, pekerja sosial .

Mata Kuliah yang diberikan antara lain :
Analisis dan Pemetaan Sosial, Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL), Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Pembaharuan, Resolusi Konflik Sosial.

Advertisement

Bersambung halaman 3, Program Studi Ilmu Komunikasi (S-1) Akreditasi B

Program Studi Ilmu Komunikasi (S-1) Akreditasi B

 

Praktik Program Studi Komunikasi. (Ist)

3. Program Studi Ilmu Komunikasi (S-1) Akreditasi B
Ilmu Komunikasi mempelajari proses penyampaian pesan yang mempertemukan kepentingan berbagai pihak hingga tercapai pengertian bersama. Informasi merupakan kekuatan, sedangkan media masa merupakan artileri penyampai pesan yang mampu menggugah dan mengubah kondisi masyarakat menjadi lebih baik. Komitmen kami tegas, berpihak pada keberdayaan masyarakat, terutama desa. Pluralis dan Humanis adalah semangat kami, partisipatif dan dialogis merupakan metode belajar yang mencairkan hubungan kemitraan dan keterbukaan dengan mahasiswa serta masyarakat luas.

Profil Lulusan :
Lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi STPMD “APMD” telah bekerja secara profesional dalam pembangunan masyarakat di berbagai profesi, baik sebagai jurnalis, pekerja humas di pemerintahan dan perusahaan, fasilitator pemberdayaan masyarakat, LSM, akademisi dan peneliti, birokrasi, serta konsultan komunikasi pemberdayaan.

Advertisement

Mata Kuliah yang diberikan antara lain :
Public Relations, Produksi Siaran Audio Visual, Jurnalistik, Komunikasi Pembangunan dan  Strategi Pemberdayaan, CSR dan Manajemen Konflik.

4. Program Studi Ilmu Pemerintahan (S-1) Akreditasi A
Ilmu pemerintahan adalah ilmu yang mempelajari pemerintah, hubungan antara pemerintah dengan yang diperintah. Objek kajian dari Ilmu Pemerintahan adalah Negara, relasi Negara dengan masyarakat dan rakyat itu sendiri. Ilmu Pemerintahan juga mempelajari  perbuatan pemerintah yang menyangkut kebijakan, pengambilan keputusan dan penggunaan kekuasaan. Empat konsep besar yang dipelajari dalam ilmu Pemerintahan yaitu demokrasi, tatakelola pemerintahan, kekuasaan dan kebijakan.

Profil Lulusan :
Kompetensi lulusan Program Studi Ilmu Pemerintahan yakni menjadi pelaku pemerintahan, pendidik pemerintahan, peneliti pemerintahan, analisis politik dan pemilu, konsultan pemerintahan, pelaku partai politik, pelaku KPU, pelaku pemerintahan daerah, pelaku LSM, pelaku desa, pengambil keputusan di desa dan fasilitator desa.

Mata Kuliah yang diberikan Antara lain :
Negara dan Masyarakat Sipil, Demokrasi dan Demokratisasi, Teori Governance, Birokrasi Indonesia, Politik dan Pemerintahan Desa.

Bersambung halaman 4, Program Pasca Sarjana Ilmu Pemerintahan (S-2) Akreditasi B

Program Pasca Sarjana Ilmu Pemerintahan (S-2) Akreditasi B

 

Kegiatan perkuliahan. (Ist)

5. Program Pasca Sarjana Ilmu Pemerintahan (S-2) Akreditasi B
Ilmu Pemerintahan (S-2) mempelajari tentang proses pemerintahan pada level Negara, intermediary dan masyarakat sipil.

Kompetensi Lulusan :
Lulusan Program Studi Ilmu Pemerintahan (S-2) memiliki kemampuan menjadi konseptor ahli di bidang pemerintahan daerah, kepemerintahan desa, dan pembangunan masyarakat sipil.

Mata Kuliah yang diberikan Antara lain :
Metodologi Ilmu Politik dan Pemerintahan, Analisis Kebijakan Publik, Relasi Daerah dan Desa, Manajemen Pemerintahan Desa, Perencanaan Pembangunan Daerah dan Desa.
STPMD “APMD” Yogyakarta dilengkapi dengan kelembagaan dan unit-unit kegiatan mahasiswa antara lain :
Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Badan Legislatif Mahasiswa, Korps Mahasiswa Program Studi (Ilmu Pemerintahan, Ilmu Sosiatri & Ilmu Komunikasi), Unit kegiatan Kemahasiswaan (UKM), Kerohanian, Olah Raga, Musik, Tari, Paduan Suara, Pecinta Alam, Pusat Studi Mahasiswa untuk Desa, Lembaga Pers Mahasiswa.
Untuk menunjang proses perkuliahan STPMD “APMD” Yogyakarta memiliki fasilitas Antara lain :
Ruang kelas ber AC dan LCD, perpustakaan, Ruang dan Fasilitas Pelatihan Bahasa, computer dan desa. Ruang sidang dan ruang seminar, Lab social dan komunikasi, Ruang secretariat, Organisasi Kemahasiswaan fasilitas olahraga, radio komunitas, klinik kesehatan, Student Lounge, kantin, dan lain-lain.

Agenda wisuda lulusan STPMD APMD Jogja. (Ist)

Syarat Pendaftaran
1. Mengisi fomulir pendaftaran
2. Menyerahkan fotocopy ijasah/STTB/SKHUN satu lembar (bagi yang telah lulus SLTA)
3. Menyerahkan fotocopy rapor kelas 12 semester I (bagi yang belum lulus)
4. Menyerahkan pas foto berwarna 3×4 cm dua lembar
5. Membayar biaya pendaftaran Rp150.000

Advertisement
Kata Kunci : Stpmd Apmd Jogja
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif