Jumat, 21 Juli 2017 00:40 WIB Galih Eko Kurniawan/JIBI/Harian Jogja Pendidikan Share :

STPMD APMD JOGJA
Konsisten pada Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

Sejak awal konsisten menaruh perhatian pada pemberdayaan masyarakat dan desa

Solopos.com, JOGJA—Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa APMD (STPMD APMD) Akreditasi B merupakan perguruan tinggi yang sejak awal konsisten menaruh perhatian pada pemberdayaan masyarakat dan desa.

Perhatian ini dikedepankan sebagai standing position serta respons akademik dan sosial terhadap ketidakberdayaan (powerless) masyarakat dalam menghadapi negara, pasar dan globalisasi. Kini keberadaan STPMD APMD sangat relevan dengan konteks pengembangan otonomi daerah, local govermance reform.

Desa membangun Indonesia menjadi semangat/spirit STPMD APMD untuk turut serta memajukan/membangun lebih dari 74.000 desa yang ada di Indonesia. Dominasi wilayah desa dan warga yang tinggal di desa bermakna kemajuan desa indentik dengan kemajuan Indonesia.

Terbitnya Undang-Undang No.6/2014 tentang Desa membuat eksistensi desa ke depan makin diperhitungkan diperhatikan pemerintah. Untuk ini peningkatan kapasitas aktor dan pelaku desa mutlak diperlukan demi tercapainya kemandirian desa.

STPMD APMD sebagai Perguruan Tinggi mempunyai visi menjadi sekolah tinggi yang mampu mendorong kemandirian masyarakat dan desa secara konsisten dan terpercaya. Dengan visi ini, STPMD APMD mempunyai misi menyelenggarakan tata kelola Sekolah Tinggi yang kredibel, transparan, akuntabel dan bertanggung jawab.

Selain itu juga mengembangkan pendidikan, penelitian, dan pengabdian yang berorientasi pada kemandirian masyarakat dan desa, serta mengembangkan peserta didik yang mampu membangun kemandirian masyarakat dan desa.

Program Studi dan Akreditasi
1. Pembangunan  Masyarakat  Desa  (D-3) Akreditasi – B
2. Ilmu Sosiatri/ Pembangunan Sosial (S-1) Akreditasi – A
3. Ilmu Komunikasi (S-1) Akreditasi – B
4. Ilmu Pemerintahan (S-1) Akreditasi – A
5. Ilmu Pemerintahan (S-2) Akreditasi – B

Bersambung halaman 2 : Program Studi di ATPMD APMD Jogja

Lowongan Pekerjaan
Kepala Sekolah KB & TKIT Alhikam Delanggu, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Murid Kencing Berlari, Guru (Honorer) Mati Seorang Diri

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (5/2/2018). Esai ini karya Lardianto Budhi, guru Pendidikan Seni dan Budaya di SMAN 1 Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Alamat e-mail penulis adalah s.p.pandamdriyo@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Bambang Ekalaya atau sering disebut Palgunadi adalah…