Jogja
Jumat, 21 Juli 2017 - 04:22 WIB

LALU LINTAS KULONPROGO : Warga Berharap Jalur Ngeseng Tetap Dibuka Untuk Kendaraan Roda Dua

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Lalu lintas Kulonprogo untuk daerah perlintasan kereta tak ditutup total

Harianjogja.com, KULONPROGO — Beberapa warga Desa Sentolo, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo tidak setuju jika jalur perlintasan kereta api Ngeseng ditutup total. Mereka berharap ke depan jalur tersebut tetap dibuka, minimal pejalan kaki dan kendaraan roda dua bisa lewat seperti sekarang ini.

Advertisement

Salah satu warga Desa Sentolo yang tidak setuju jika jalur perlintasan kereta api Ngeseng ditutup total adalah Sunarya. Ia mengatakan penutupan jalur secara permanen akan menghasilkan dampak ekonomi bagi para pedagang di area tersebut, karena orang-orang akan enggan membeli sesuatu karena harus berjalan kaki.

“Memang belum ada keluhan secara resmi dari pedagang, tapi itu hasil analisa warga Siwalan dan Salamrejo saat musyawarah dulu,” ucapnya saat ditemui di TK Aisyiyah Bustanul Atfhal (ABA) Sentolo, Kamis (20/7/2017).

Dampak lain yang mungkin muncul, katanya, adalah potensi munculnya kecelakaan di jalur perlintasan kereta api yang ada di sebelah selatan SMPN 1 Sentolo. Saat jalur perlintangan jalur kereta api Ngeseng ditutup, Sunarya menyebut orang-orang kemudian beralih ke jalur tersebut. Padahal di sana tak ada plang penutup perlintasan kereta api.

Advertisement

Orang-orang, imbuhnya, menyebrang secara asal-asalan di jalur tersebut karena memang tidak ada lampu lalu lintas, petugas penyebrangan, dan plang penutup.

“Anak-anak juga banyak yang lalu lalang di sana. Ini kan sangat membahayakan. Kalau jalur Ngeseng ditutup, harusnya di sana dipasang plang penutup dan disediakan petugas,” jelas warga dusun Siwalan, Desa Sentolo, Kecamatan Sentolo itu.

Oleh karena itu, Sunarya menyampaikan bahwa sebaiknya jalur perlintasan Ngeseng jangan ditutup total. Jalur tersebut seharusnya tetap dibuka untuk kendaraan roda dua dan pejalan kaki. Sementara kendaraan roda dua baru diarahkan untuk melewati Jalan Layang Ngelo. Itu menurutnya adalah solusi yang paling tepat.

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Lalu Lintas Kulonprogo
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif