Sport
Kamis, 20 Juli 2017 - 21:25 WIB

KUALIFIKASI PIALA ASIA U-23 : Menakar Peluang Lolos Timnas Indonesia

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Luis Milla bersama Timnas U-22. (ANTARA/Sigid Kurniawan)

Kualifikasi Piala Asia U-23 diwarnai dengan kekalahan Timnas Indonesia.

Solopos.com, SOLO – Kekalahan telak Timnas Indonesia U-22 di laga perdana Kualifikasi Piala Asia U-23 membuat peluang lolos mereka terasa berat. Pasalnya, hanya satu tim yang lolos otomatis ke putaran final Piala Asia U-23 2018.

Advertisement

Indonesia menelan kekalahan telak 0-3 dari Malaysia di partai perdana Grup H yang dilangsungkan di National Stadium, Bangkok, Thailand, Rabu (19/7/2017) sore WIB. Akibat kekalahan itu, Indonesia harus berjuang keras untuk memastikan diri lolos.

Perlu diketahui, babak Kualifikasi Piala Asia U-23 ini diikuti oleh 39 tim dari 47 negara anggota AFC. Sebanyak 37 tim itu dibagi ke dalam dua zona yakni barat dan timur. Mereka kemudian dibagi ke dalam 10 grup.

Dari 10 grup itu, hanya satu tim yang dipastikan lolos otomatis ke putaran final yakni sang juara grup. Mereka akan bergabung dengan tuan rumah, yang dalam edisi kali ini adalah Tiongkok. Artinya masih ada lima slot tersisa untuk melengkapi 16 tim di Piala Asia U-23.

Advertisement

Lima tim itu akan diambil dari lima runner up terbaik. Runner up terbaik ini ada beberapa faktor yang diperhitungkan seperti poin, selisih gol, produktivitas gol dll. Dengan kekalahan telak yang diraih Indonesia di laga perdana itu tentu menjadi kerugian tersendiri.

Tim polesan Luis Milla itu sendiri memang masih berpeluang menjadi juara grup. Syaratnya tentu memenangi dua laga sisa yakni melawan Mongolia dan Thailand. Mereka juga berharap dari laga lain, agar bisa jadi juara grup.

Tapi, untuk menjadi juara grup memang sangat berat. Pasalnya, Evan Dimas dkk. masih harus melawan Thailand yang sering merepotkan Indonesia. Sehingga opsi lainnya adalah menjadi runner up terbaik.

Advertisement

Lagi-lagi, opsi ini juga tak mudah. Kebobolan tiga gol bisa menghambat misi Timnas U-22. Mau tak mau, Indonesia pun harus menang dengan skor besar saat melawan Mongolia pada partai kedua nanti. Hal itu bisa memperbaiki selisih gol di klasemen. Dengan begitu, peluang lolos akan tetap terjaga.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif