Jogja
Kamis, 20 Juli 2017 - 13:20 WIB

Anies Baswedan Minta Doa Restu Sultan dan Belajar Tata Kelola Pemerintahan

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Rasyid Baswedan belajar membajak sawah di Desa Wisata Candran Museum Tani Jawa, Desa Kebonagung, Imogiri, Bantul , Rabu (19/7/2017) untuk mempromosikan pertanian kepada generasi muda. (Bhekti Suryani/JIBI/Harian Jogja)

Sebelum dilantik sebagai Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sempat menggelar pertemuan dengan Gubernur DIY

Harianjogja.com, JOGJA–Sebelum dilantik sebagai Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sempat menggelar pertemuan dengan Gubernur DIY.

Advertisement

Dalam pertemuan yang digelar di Keraton Kilen, Selasa (18/7/2017) malam itu, Anies tak hanya bermaksud minta doa restu jelang pelantikannya saja, melainkan juga belajar beberapa hal pada Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Ditemui usai pertemuan, Anies memandang perlu untuk banyak belajar dari Sri Sultan HB X. Pasalnya, Sri Sultan HB X memiliki pengalaman lebih banyak ketimbang gubernur yang lain. “Beliau memimpin DIY kan 15 tahun,” kata Anies.

Dari pertemuan itu pula, ia mengaku mendapatkan banyak pelajaran, khususnya yang terkait tata kelola pemerintahan. Menurutnya, pemerintah DIY memiliki cara yang cukup bijak dalam memperlakukan warganya.

Advertisement

“Contohnya adalah warga bantaran sungai. Saya harus belajar banyak bagaimana menata bantaran sungai tanpa harus mengorbankan dan menggusur warga di sana,” ujarnya.

Diakui Anies, DKI Jakarta dan DIY pada dasarnya memiliki karakter yang hampir sama, yakni sama-sama banyak didatangi oleh masyarakat luar. Pemerintah DIY menurutnya, mampu menempatkan warga pendatang sejajar dengan warga asli.

Dengan begitu, warga pendatang pun merasa bahwa mereka bukanlah orang asing di DIY. “Partisipasi warga inilah yang saya perlu banyak pelajari dari DIY,” akunya.

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Anies Baswedan
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif