Jatim
Rabu, 19 Juli 2017 - 17:05 WIB

Januari-Juni 2017, Kiriman Uang dari TKI ke Ponorogo Sentuh Rp1 Triliun

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Nilai remittance atau uang yang dikirim TKI ke Ponorogo pada tahun 2017 mencapai Rp1 triliun.

Madiunpos.com, PONOROGO — Nilai remittance atau uang yang dikirim dari luar negeri ke Ponorogo pada tahun 2017 sampai akhir Juni mencapai Rp1 triliun. Angka itu paling tinggi untuk wilayah Jawa Timur.

Advertisement

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Ponorogo, Bedianto, mengatakan nilai remittance tahun ini diprediksi naik, karena melihat nilai remittance pada tahun 2016 senilai Rp2 trilun.

Dia menuturkan tenaga kerja Indonesia (TKI) sebagian besar mengirimkan uang ke Ponorogo menjelang Lebaran lalu. Mereka mengirim uang untuk memenuhi kebutuhan keluarga di rumah guna menyambut perayaan Idulfitri. “Paling banyak pengiriman remittance ya pada saat menjelang Lebaran,” kata Ibed, Rabu (19/7/2017).

Dia menjelaskan uang kiriman tersebut paling banyak dari Taiwan, Hongkong, Korea Selatan, dan Singapura. Sedangkan dari negara Timur Tengah cenderung menipis. Uang tersebut dikirim melalui kantor pos dan seluruh perbankan di Ponorogo.

Advertisement

Dalam data yang diberikan Bank Indonesia Kediri, kata dia, nilai remittance se-Jawa Timur hingga Juni 2017 sekitar Rp2,5 trilun. Data ini terus berubah, karena setiap hari hampir ada TKI yang mengirimkan uang ke Indonesia.

Kepala Kantor Pos Ponorogo, Mohamad Anis S., mengatakan uang yang dikirim TKI melalui Kantor Pos pada Juni 2017 mencapai Rp25 miliar atau da kenaikan sekitar Rp5 miliar dari remittance pada bulan-bulan biasa yaitu sekitar Rp20 miliar.

“Bulan Juni lalu kan ada Lebaran, jadi ada kenaikan. Itu sudah rutin, pasti saat menjelang Lebaran ada kenaikan remittance di kantor pos,” jelas dia.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif