Soloraya
Selasa, 18 Juli 2017 - 17:15 WIB

WISATA SOLO : Jaladara dan Werkudara Laris Dicarter pada Juli 2017

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sepur Kluthuk Jaladara (Dok/JIBI/Solopos)

Wisata Solo, Jaladara dan Werkudara diiminati wisatawan.

Solopos.com, SOLO — Dua moda transportasi wisata andalan di Solo, Sepur Kluthuk Jaladara dan Bus Tingkat Werkudara, laris dicarter wisatawan selama Juli 2017.

Advertisement

Anggota Staf Operasional Bus Tingkat Werkudara dan Kereta Uap Jaladara Dinas Perhubungan (Dishub) Solo, Sandi Mulyanto, mengatakan Jaladara dicarter sebanyak enam kali bulan ini, sedangkan Bus Tingkat Werkudara rata-rata beroperasi dua kali dalam sehari.

“Bulan Juli lumayan untuk pemesanan carteran Sepur Klutuk Jaladara dan Bus Tingkat Werkudara. Bulan Juli tahun ini memang peak season untuk kedua jenis transportasi wisata tersebut untuk tahun ini,” kata dia saat dihubungi, Minggu (16/7/2017).

Banyaknya jumlah carteran untuk kedua jenis transportasi wisata tersebut diakui Sandi merupakan imbas dari libur Lebaran dan libur sekolah. Sehingga banyak wisatawan dari luar Solo yang memanfaatkan kedua transportasi wisata tersebut untuk menjelajah Kota Solo.

Advertisement

Biaya pencarteran tidak mengalami kenaikan yakni Rp3,5 juta untuk Sepur Klutuk Jaladara dan Rp800.000/tiga jam dengan biaya overtime Rp250.000/jam untuk Bus Tingkat Werkudara.

“Untuk harga sewa atau carter tetap sama karena sudah diatur oleh Perda Kota Solo. Jadi kita tidak membuat harga sendiri sesuai harga pasaran,” sambung dia.

Dihubungi secara terpisah, Petugas Tourism Information Center (TIC) Dinas Pariwisata (Dispar) Solo, Patrick Orlando, mencarter Sepur Klutuk Jaladara untuk lima rombongan wisatawan domestik selama Juli. Dia mengatakan Juli tahun ini merupakan peak season kunjungan wisawatan domestik ke Solo.

Advertisement

“Wisatawan mancanegara juga ramai berkunjung ke Solo untuk Juli. Diperkirakan jumlah kunjungan wisatwan ke Solo ramai hingga September karena bulan-bulan itu merupakan bulan liburan bagi mereka. Biasanya wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Solo merupakan wisatawan yang memilih paket wisata ke Jogja, Solo, dan Gunung Bromo,” kata dia.

Selain itu Solo Batik Carnival (SBC) yang terselenggara Sabtu (15/7/2017) juga menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Solo. “Kemarin ada beberapa wisatawan yang ada di Jogja kemudian one day tour ke Solo cuma untuk melihat SBC,” tambah dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif