Jatim
Selasa, 18 Juli 2017 - 19:05 WIB

Layanan Gertak Pemkab Trenggalek Raih Penghargaan dari Mark Plus

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Emil Elestianto Dardak (Dok/JIBI/Solopos/Antara)

Program Gertak Pemkab Trenggalek meraih penghargaan dari Mark Plus.

Madiunpos.com, TRENGGALEK — Kabupaten Trenggalek meraih penghargaan Wow Service Excellence dari konsultan pemasaran terkemuka Mark Plus besutan pakar marketing Hermawan Kertajaya, atas program layanan penanggulangan masalah kemiskinan Gertak (Gerakan Tengok Bawah Masalah Kemiskinan).

Advertisement

Penyerahan penghargaan dilakukan di Surabaya pada 11 Juli 2017.

“Istilah Gertak muncul saat rembuk dengan Wakil Bupati, karena kami butuh gebrakan dalam mengatasi kemiskinan di Trenggalek dan ini adalah masalah jiwa bukan hanya materi. Dengan nama tegas, harapannya ada semangat dalam memberantas kemiskinan,” kata Bupati Trenggalek Emil Dardak saat tampil didiskusi publik Wow Service Excellence di Surabaya, seperti diulas dalam web resmi Humas Pemkab Trenggalek, Senin (17/7/2017).

Emil menambahkan dengan mengedepankan istilah tengok bawah, diharapkan semangat gotong-royong bisa terwujud karena warga miskin tidak hanya melihat ke atas kepada warga yang lebih mampu, tapi juga bisa bersyukur karena ada warga lain yang kurang mampu.

Advertisement

Melalui musyawarah desa, kata dia, maka secara kolektif seluruh warga akan berupaya bersama-sama untuk menolong mereka yang kurang beruntung. Dia menambahkan Posko Gertak didirikan untuk menindaklanjuti hasil musyawarah desa.

“Kalau kita sering dengar pelayanan terpadu satu pintu bagi investor, kini ada pelayanan terpadu bagi warga miskin. Tidak perlu diping-pong ke sana-sini karena setiap unit kerja punya perwakilan yang berkantor di Posko Gertak. Bahkan pundi kepedulian komunitas dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Trenggalek turut menjadi bagian dari Posko Gertak ini,” kata Emil.

Posko Gertak bertempat di halaman rumah dinas Wabup Mochammad Nur Arifin di Jl. Sunan Kalijaga Nomor 11 Trenggalek.

Advertisement

Sejak ada Posko Gertak, kata Emil, warga miskin di Trenggalek tidak perlu susah-susah kalau mau berobat atau mengakses program pemberdayaan ekonomi.

Menurut penjelasannya, posko yang dirancang high-tech itu mampu mendukung verifikasi data kemiskinan dengan cepat, dan memberi dukungan secara sigap karena lengkapnya keterwakilan instansi dan lembaga yang berkompeten.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif