Jogja
Selasa, 18 Juli 2017 - 17:40 WIB

FKY 2017 : Edisi Tahun Ini Angkat Umbar Mak Byar!

Redaksi Solopos.com  /  Galih Eko Kurniawan  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kelompok kesenian sanggar Kembang Sakura berkostum punokawan dalam Kirab Pembukaan Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) 26 di kawasan Tugu Pal Putih, Yogyakarta, Rabu (20/08/2014). Festival Kesenian Yogyakarta tahun ini tidak hanya digelar di Plasa Pasar Ngasem Yogyakarta namun juga di 4 kabupaten lainya. (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Akan dihelat mulai 27 Juli sampai 13 Agustus 2017 di Planet Pyramid, Kecamatan Sewon, Bantul

Harianjogja.com, JOGJA—Memasuki usianya yang ke-29, Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) sebagai ajang kesenian tahunan akan dihelat mulai 27 Juli sampai 13 Agustus 2017 di Planet Pyramid, Kecamatan Sewon, Bantul. Umbar Mak Byarr! merupakan tema yang diusung untuk perhelatan FKY tahun ini.

Advertisement

Direktur Program Festival, Ishari Sahida, menuturkan dalam kerangka tema Umbar Mak Byarr!, FKY 29 membayangkan ritus kehidupan manusia yang tidak bisa lepas dari masa istirahat. Dalam lingkar waktu kehidupan manusia, masa rehat berarti sebuah momentum untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran di sela-sela berbagai macam aktivitas manusia.

“Entah itu bekerja maupun bersekolah. Dalam masa rehat, seorang manusia bisa bercanda, makan, menyalurkan hobi, jalan-jalan dan melakukan kegiatan lain. Masa rehat menjadi waktu luang yang berharga sebelum seseorang mulai menyelesaikan pekerjaan yang tertunda,” ujarnya dalam rilis kepada Harian Jogja, Selasa (18/7/2017).

Tema besar Umbar juga bakal diwujudkan melalui seluruh kegiatan FKY 29, yang menjadi sarana untuk mengekspresikan gagasan dari semua pihak yang berkontribusi di dalamnya, entah itu sebagai desainer, budayawan, pembuat acara, seniman maupun para pelaku pasar seni.

Advertisement

Ketua Umum FKY 29, Roby Setiawan, mengungkapkan tema besar Umbar diambil sebagai tajuk dengan harapan supaya FKY 29 menjadi ruang festival masyarakat bisa sejenak melepas kepenatan sekaligus memperoleh kesegaran baru.

FKY 29 juga dirancang sebagai ruang kebudayaan yang diharapkan mampu memicu kreativitas khas dan unik saat orang bermain-main di dalamnya. Logo FKY 29 tidak bisa dilepaskan dari tema besar Umbar.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif