News
Selasa, 18 Juli 2017 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 17 Juli

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mark Sinclair alias Vin Diesel. (Gazettereview.com)

Catatan peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 17 Juli.

Semarangpos.com, SOLO – Terjadi beragam peristiwa penting dan bersejarah di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada hari ke-199—hari ke-200 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kalender Gregorian, 17 Juli. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Semarangpos.com menyajikan catatan peristiwa dunia hari ini, 17 Juni, demi mengenang beragam peristiwa itu.

Advertisement

Lukisan rekaan tentang pertempuran Allia antara bangsa Galia dan tentara Kerajaan Romawi. (Pinterest.com)

390 SM
Bangsa Galia yang menginvasi Kota Roma berhasil mengalahkan tentara Kekaisaran Romawi dalam Pertempuran Allia. Kekalahan tentara Kekaisaran Romawi itu membuat Bangsa Galia secara leluasa menjarah harta benda milik warga dan bangsawan Romawi.

Advertisement

390 SM
Bangsa Galia yang menginvasi Kota Roma berhasil mengalahkan tentara Kekaisaran Romawi dalam Pertempuran Allia. Kekalahan tentara Kekaisaran Romawi itu membuat Bangsa Galia secara leluasa menjarah harta benda milik warga dan bangsawan Romawi.

64
Kebakaran besar melanda Kota Roma. Bangunan rumah penduduk yang kebanyakan terbuat dari kayu membuat kobaran api dengan cepat meluas. Kaisar Romawi, Nero, dianggap sebagai dalang di balik kebakaran tersebut. Nero dianggap membakar Kota Roma untuk memusnahkan pemeluk Kristen.

1195
Pasukan Kekhalifahan Muwahhidun pimpinan Abu Yusuf Ya’qub Al-Mansur mengalahkan pasukan Kerajaan Kastilia yang dipimpin Pedro Fernandez de Castro dalam Pertempuran Alarcos yang terjadi di Alarcos atau kini Ciudad Real, Spanyol. Dalam pertempuran itu, sekitar 250.000 tentara Kerajaan Kastilia tewas.

Advertisement

Nelson Mandela. (Limkokwing.net)

1918
Nelson Rolihlahla Mandela lahir di Mvezo, Afrika Selatan (Afsel). Ia lantas dikenal luas sebagai revolusioner sekaligus menjadi orang berkulit hitam pertama yang menjadi presiden di Afsel. Nelson Mandela meninggal dunia di Johannesburg, Afsel pada 2013 lalu pada usia 95 tahun.

1925
Untuk kali pertama, buku karangan Adolf Hitler diluncurkan. Buku yang ditulis dan diluncurkan saat Hitler belum menjadi pemimpin Jerman itu memiliki judul Mein Kampf yang berarti Perjuanganku.

Advertisement

1936
Perang Saudara Spanyol antara pasukan pemberontak yang disebut dengan kaum Nasionalis dengan pasukan Republik Spanyol dimulai. Melalui perang itu, kaum Nasionalis berhasil menggulingkan pemerintahan Republik Spanyol setelah berperang selama hampir tiga tahun.

Hideki Tojo. (Dw.com)

1944
Hideki Tojo mengundurkan diri dari jabatannya sebagai perdana menteri Jepang. Ia melepaskan jabatan yang sudah ia pangku sejak 1941 itu karena merasa gagal membawa Jepang berjaya dalam kancah Perang Dunia II.

Advertisement

1967
Mark Sinclair lahir di Alameda County, California, Amerika Serikat (AS). Kini, ia dikenal sebagai aktor, sutradara, serta produser film dengan nama beken Vin Diesel. Perannya yang terkenal adalah saat dirinya menjadi Dominic Toretto pada seri film Fast and Furious. Dalam film Fast and Furious, Vin Diesel bukan hanya menjadi aktor, namun juga menjadi produser film tersebut.

Ilustrasi microprosessor Intel (Techivian.com)

1968
Intel Corporation didirikan di Mountain View, California, Amerika Serikat (AS) oleh Gordon Moore dan Robert Noyce. Kini, Intel dikenal sebagai salah satu perusahaan produsen mikroprosesor terbesar di dunia. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 17 Juli
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 16 Juli
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 15 Juli

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif