Jatim
Senin, 17 Juli 2017 - 21:05 WIB

WISATA MAGETAN : Telaga Sarangan Ditarget Raup PAD Rp8,5 Miliar

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pengunjung beriwsata di Telaga Sarangan, Magetan, Jatim, saat hari H Lebaran, Minggu (25/6/2017). (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Wisata Magetan, target PAD dari Telaga Sarangan ditingkatkan.

Madiunpos.com, MAGETAN — Perolehan pendapatan asli daerah (PAD) dari objek wisata Telaga Sarangan yang menjadi primadona tujuan wisata di kabupaten setempat pada tahun 2017 ditargetkan mencapai Rp8,5 miliar.

Advertisement

“Tahun ini target PAD dari retribusi masuk objek wisata Telaaga Sarangan ditargetkan Rp8,5 miliar,” ujar Kepala UPTD Telaga Sarangan Kuswinardi, Senin (17/7/2017).

Menurut dia, target tersebut terus meningkat seiring dengan perolehan PAD tiap tahun yang mampu mencapai 100 persen lebih.”Hal itu seiring dengan jumlah kunjungan wisatawan ke Magetan yang juga naik setiap tahunnya. Terlebih kunjungan ke Telaga Sarangan,” kata dia.

Pihaknya optimistis target PAD pada tahun 2017 tersebut akan terwujud seiring berbagai upaya yang terus dilakukan oleh dinas terkait, yakni Dinas Pariwisata, Budaya, Pemuda, dan Olahraga (Diparbudpora) Magetan.

Advertisement

Adapun, upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dalam mendongkrak PAD antara lain pembenahan daya tarik wisata, peningkatan promosi, dan rutin menggelar acara yang mampu menarik wisatawan untuk berkunjung ke Telaga Sarangan.

Ia mencontohkan kegiatan Larung Sesaji setiap menjelang bulan Ramadhan dan panggung hiburan saat pesta perayaan pergantian tahun baru, menjadi salah satu daya tarik tersendiri.

Selain itu, pihaknya juga memanfaatkan masa puncak kunjungan wisatawan ke Telaga Sarangan yang terjadi saat momentum liburan lebaran. “Sesuai data yang ada, tercatat mulai tanggal 25 Juni hingga 2 Juli 2017 saat liburan lebaran lalu, jumlah pengunjung mencapai lebih dari 100.000 orang,” kata dia.

Advertisement

Kuswinardi menambahkan, pembangunan jalur tembus Sarangan-Karanganyar yang menghubungkan Provinsi Jawa Timur dengan Jawa Tengah, juga memperlancar akses jalan kunjungan ke Kabupaten Magetan, terlebih Telaga Sarangan yang berada di kawasan tersebut.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif