Jateng
Senin, 17 Juli 2017 - 04:50 WIB

INVESTASI SEMARANG : Indonesia Power Tanam Rp4,8 T untuk PLTGU Tambaklorok

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pekerja mengoperasikan alat penyaring BBG di stasiun penyalur gas PT Kalimantan Jawa Gas—anak perusahaan PGN—di Semarang, Jateng, Rabu (19/10/2016). (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)

Investasi yang ditanamkan PT Indonesia Power untuk PLTGU Tambaklorok mencapai Rp4,8 triliun.

Semarangpos.com, JAKARTA — PT Indonesia Power, anak perusahaan PT PLN (Persero), memastikan pembangunan pembangkit listrik tenaga gas uap (PLTGU) Blok 3 Tambaklorok, Semarang, Jateng, berkapasitas daya 780 mW senilai Rp4,8 triliun.

Advertisement

Direktur Utama Indonesia Power Sripeni Inten Cahyani dalam siaran persnya di Jakarta, Sabtu (15/7/2017), menyatakan proyek pembangkit gas tersebut dijadwalkan mulai beroperasi pada April 2020. “Pembangkit ini merupakan pelaksanaan program pemerintah 35.000 mW,” ujarnya.

[Baca juga Galang Investor, Pemkot Fasilitasi Pengusaha]

Menurut Inten Cahyani, dengan asumsi produksi PLTGU Blok 3 Tambaklorok mencapai 3,7 GWh per tahun, maka akan diperoleh penghematan pemakaian bahan bakar dibandingkan BBM mencapai Rp581 miliar per tahun. Pekerjaan rekayasa, pengadaan, dan konstruksi (engineering, procurement, and contruction/EPC) pembangkit akan dilakukan Konsorsium GE Power, Marubeni Corporation, dan PT Hutama Karya (Persero).

Advertisement

Penandatanganan kontrak EPC PLTGU Blok 3 Tambaklorok oleh Direktur Utama Indonesia Power Sripeni Inten Cahyani, Senior Operating Officer Marubeni Corporation Takashi Fujinaga, Direktur Operasi Hutama Karya Suroto, dan Regional General Manager GE Gas Power Systems GE Power Venkat Kannan yang memastikan investasi Indonesia Power di Kota Semarang dilakukan Jumat (14/7/2017). Penandatanganan itu disaksikan Dirut PLN Sofyan Basir.

Sesuai kontrak, pekerjaan EPC pembangkit, yang berperan sebagai load follower, akan dilakukan selama 28 bulan, sehingga jadwal operasi pada April 2020. Menurut Sripeni, proyek berada di lahan pembangkit eksisting atau yang sudah ada, sehingga tidak ada kendala dalam proses perizinan dan pembebasan lahan.

“Pembangkit listrik yang mulai beroperasi pada pertengahan 2020 ini akan menambah daya 780 mW atau setara dengan memasok lima juta rumah tangga,” katanya.

Advertisement

Ia juga mengatakan PLTGU Blok 3 Tambaklorok akan menjadi proyek pembangkit gas terbesar yang dikembangkan Indonesia Power. “Turbin gas ini merupakan paling efisien di dunia,” ujarnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif