Jogja
Senin, 17 Juli 2017 - 12:20 WIB

Gunungkidul Sediakan Kuota Trasmigrasi untuk 40 KK

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi lahan tujuan transmigrasi (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Pemerintah Kabupaten Gunungkidul menyediakan kuota sebanyak 40 Kepala Keluarga (KK) dalam program transmigrasi

 
Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pemerintah Kabupaten Gunungkidul menyediakan kuota sebanyak 40 Kepala Keluarga (KK) dalam program transmigrasi ke sejumlah daerah. Beberapa daerah yang menjadi tujuan transmigran yakni Sumatera dan Sulawesi.

Advertisement

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Gunungkidul, Tommy Harahap mengatakan, pihaknya menyediakan kuota transmigrasi sebanyak 40 KK. “Kami sediakan untuk warga yang berminat mengikuti transmigrasi,” ujar Minggu (16/7/2017).

Sementara untuk tujuan pemberangkatan tersebar di berbagai wilayah di Indonesia seperti di Poliwali Mandar, Sumatera Selatan, Banjarmasin, Sumatera Barat, sampai Sumatera Selatan.

“Kami telah membangun kemitraan di masing-masing Pemda setempat, agar para transmigran mendapatkan fasilitas di daerah tujuan,” ujar Tommy.

Advertisement

Tommy mengatakan, calon keluarga transmigran sebelumnya akan diberikan pembekalan terlebih dahulu di Balai Besar Latihan Kerja (BBLK) Yogyakarta sebelum dikirim ke daerah tujuan. Berbagai macam ketrampilan mulai dari pertanian, peternakan, pertukangan sampai pelatihan home industri.

“Transmigran diberikan berbagai macam ketrampilan kerja, mulai dari pertanian, pertukangan, peternakan, home industry sehingga diharapkan di daerah tujuan dapat hidup mandiri,” kata dia.

Pihaknya pun terus mendorong lebih banyak lagi masyarakat untuk dapat mengikuti program transmigrasi ke berbagai daerah. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat yang masih rendah di tempat asal, sehingga dapat menjadi lebih baik di tempat tujuan.

Advertisement

“Masyarakat didorong bertransmigrasi sehingga selain dapat lebih mandiri juga dapat meningkatkan kesejahteran masyarakat di tempat transmigrasi nanti,” ujarnya.

Advertisement
Kata Kunci : Gunungkidul Transmigrasi
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif