Operator mengoperasikan alat berat khusus pengeruk tanaman eceng gondok di Rawa Pening, Bawen, Kabupaten Semarang, Jateng, Rabu (11/1/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Aditya Pradana Putra) Operator mengoperasikan alat berat khusus pengeruk tanaman eceng gondok di Rawa Pening, Bawen, Kabupaten Semarang, Jateng, Rabu (11/1/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Aditya Pradana Putra)
Senin, 17 Juli 2017 23:50 WIB JIBI/Solopos/Antara Semarang Share :

Eceng Gondok Rawa Pening Tarik Perhatian Gubernur

Eceng gondok Rawa Pening menarik perhatian Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Solopos.com, SEMARANG — Eceng gondok yang tumbuh subur di Danau Rawa Pening, Kabupaten Semarang menarik perhatian Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Ia mengharapkan tanaman liar itu bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan yang mempunyai nilai jual.

“Kita harus melihat eceng gondok sebagai potensi, bukan masalah. Ini bisa dibuat pupuk organik, misalnya kita buat pabriknya, kemudian pupuk diberikan kepada petani yang membutuhkan dengan harga murah atau bahkan gratis atau untuk kerajinan,” katanya di Semarang, Minggu (16/7/2017).

Melihat banyaknya eceng gondok yang dibersihkan dari danau alami seluas 2.670 hektare itu, Ganjar berpendapat bahwa tanaman tersebut bisa dimanfaatkan untuk pembuatan pupuk organik dan berbagai kerajinan, seperti sandal atau tas. “Para pelaku UMKM [usaha mikro, kecil, dan menengah] yang tersebar di daerah bisa kita berdayakan dalam pemanfaatan eceng gondok dari Rawa Pening,” ujar politikus PDI Perjuangan itu.

Ganjar menyebutkan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mendukung pembersihan eceng gondok di Rawa Pening yang dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Pembersihan dilakukan dengan menggunakan Kapal Aquatic Weed Harvester dan Kapal Dredger yang mempunyai fungsi untuk menarik, mendorong, dan mengeruk eceng gondok ke daratan.

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono berkomitmen menjaga keberadaan Danau Rawa Pening sebagai salah satu sumber air baku bagi masyarakat. “Setelah bersih dari eceng gondok, Danau Rawa Pening bisa dimanfaatkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air, irigasi persawahan, serta objek wisata,” katanya saat berkunjung ke Danau Rawa Pening beberapa waktu lalu.

Sebagai salah bentuk komitmen, Kementerian PUPR telah menambah jumlah alat berat untuk membersihkan eceng gondok di Danau Rawa Pening. Kendati demikian, inovasi dan diversifikasi untuk mengolah eceng gondok tetap diperlukan kedepannya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

lowongan pekerjaan
CV MUTIARA BERLIN, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Musik Pop dan Nikah Muda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (21/10/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pengelola Buletin Bukulah! Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Saat isu komunisme (lagi-lagi) diangkat ke publik sekian waktu lalu,…