Soloraya
Senin, 17 Juli 2017 - 11:15 WIB

Duta Seni Boyolali 2017 akan Tampil di Austria, Cheska, dan Swiss

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Peserta tampil dalam Gladi Bersih dan Pelepasan Kontingen Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar 2017 di Gelanggang Anuraga, Boyolali, Sabtu (15/7/2017). (Istimewa)

Duta Seni Boyolali 2017 akan melawat ke Eropa.

Solopos.com, BOYOLALI — Peserta Duta Seni Boyolali 2017 akan diberangkatkan ke sejumlah negara di Eropa, Selasa (18/7/2017). Anggaran untuk memberangkatkan 25 orang yang terdiri atas 18 peserta plus pendamping dan kru duta seni tahun ini senilai Rp1,3 miliar.

Advertisement

Rencananya, anggaran untuk memberangkatkan Duta Seni Boyolali 2018 dinaikkan menjadi Rp2 miliar. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Boyolali Darmanto mengatakan penambahan anggaran tersebut mempertimbangkan inflasi dan peningkatan kualitas duta seni itu sendiri.

“Rencananya anggarannya naik karena kami mempertimbangkan inflasi dan tentunya agar duta seni ini lebih baik,” kata dia, Sabtu (15/7/2017).

Peserta Duta Seni Boyolali 2017 akan diberangkatkan pada besok dari Pendopo Alit Rumah Dinas Bupati. Mereka akan melawat ke Austria, Republik Cheska, dan Swiss selama sepuluh hari. Dalam lawatan itu peserta telah menyiapkan tujuh tarian yakni Tari Garuda, Tani, Sekar Merapi, Turangga Seta, Bedayan, Topeng Ireng dan Poco-poco.

Advertisement

Darmanto berpesan agar para peserta memberikan penampilan yang maksimal dan menjaga kedisplinan selama di sana. “Jaga kedisplinan, jaga kekompakan. Manfaatkan kesempatan yang amat langka ini sebaik-baiknya belajar tentang budaya di negara yang disinggahi. Kibarkan panji-panji Boyolali di sana,” imbuh Darmanto.

Sebelum diberangkatkan, para peserta mengikuti acara Gladi Bersih dan Pelepasan Kontingen Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar 2017 di Gelanggang Anuraga, Boyolali, Sabtu (15/7/2017).

Bupati Boyolali Seno Samodro dalam sambutannya mengatakan pengiriman duta seni merupakan salah satu cara untuk mempersiapkan generasi emas Boyolali. “Nanti 30 tahun lagi, generasi Boyolali yang diwakili duta seni merupakan generasi emas, karena wawasannya luas,” ungkap Seno seperti disampaikan dalam rilis Pemkab.

Advertisement

Dengan mengunjungi berbagai kota di luar negeri, peserta diharapkan dapat lebih terbuka wawasannya dan mengambil semua hal positif.

“Saya hanya ingin oleh-oleh pola pikirmu terbuka, sehingga kamu akan termotivasi [sehingga] berbeda dengan yang bukan duta seni,” pesan Seno.

Sementara untuk lawatan duta seni tahun depan, Bupati Seno mewacanakan tujuan negara Selandia Baru, Brasil, dan Meksiko.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif