Jateng
Minggu, 16 Juli 2017 - 02:50 WIB

KEBAKARAN PATI : Api Pelumat Kapal Nelayan Juwana Tak Padam hingga Tengah Malam

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kebakaran menimpa belasan kapal yang tengah berlabuh di alur Sungai Silugonggo, Juwana, Pati, Sabtu (15/7/2017). (Basarnas Jateng)

Kebakaran yang melumat kapal-kapal nelayan di Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati tak kunjung padam hingga menjelang tengah malam.

Semarangpos.com, PATI — Kendati kebakaran kapal-kapal nelayan di Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Sabtu (15/7/2017), terjadi di permukaan air, pada kenyataannya si jago merah tak mudah ditaklukkan. Hingga menjelang tengah malam, kebakaran yang melanda sejak siang hari itu belum berhasil dipadamkan.

Advertisement

Berdasarkan pantauan Kantor Berita Antara di lokasi kejadian, Sabtu pukul 22.40 WIB, api masih tampak menyala. Dari kejauhan. masih terlihat api menyala besar.

Menurut Kepala Seksi Fasilitas Pelabuhan dan Ketertiban Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Juwana, Rohmad Seno Aji, upaya pemadaman api dengan mendatangkan tim pemadam dari darat memang tidak bisa. Hal itu disebabkan jarak lokasi kejadian dengan Pelabuhan Juwana sekitar 2 km. Selain itu, akses jalan ke pelabuhan pun tidak bisa dilalui mobil.

“Upaya yang kami lakukan, dengan mengevakuasi kapal nelayan yang belum terbakar untuk dijauhkan,” ujarnya.

Advertisement

Selain itu, lanjut dia, upaya pemadaman yang bisa ditempuh dengan menggunakan kapal-kapal kecil dengan menggunakan mesin pompa air berukuran sedang. Demi memudahkan lalu lintas jalur laut, lanjut dia, petugas juga membuka alur pelayaran untuk memudahkan proses evakuasi maupun pengangkutan.

Ia mengatakan demi memudahkan upaya pemadaman ketika ada kapal yang terbakar, memang perlu disediakan mobil pemadam kebakaran. “Hanya saja, karena pelabuhan Juwana berada di pedalaman dibutuhkan kapal pemadam,” ujarnya.

Terkait jumlah kapal yang terbakar, lanjut dia, berdasarkan pendataan sementara ada 12 kapal. Dari jumlah tersebut, sebagian besar merupakan kapal porsin.

Advertisement

Sementara itu korban luka dalam kebakaran kapal-kapal itu, yakni Edy Siswanto dan Karbani, keduanya dari Desa Trimulyo, Kecamatan Juwana, Pati telah dievakuasi ke Semarang. “Keduanya kini menjalani perawatan di RSUP Kariadi Semarang,” ujarnya.

Sedangkan satu korban lain kebakaran kapal di Kabupaten Pati bernama Supardi asal Desa Bajomulyo, Kecamatan Juwana, katanya, menjalani perawatan di Rumah Sakit Budi Mulyo Juwana.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif